Mau langsung kebut, injak gas, agar semua dinas, semua SKPD langsung bisa ambil uang dan dikerjakan di lapangan"
akarta (ANTARA News) - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta (APBD DKI) tahun anggaran 2013 sebesar Rp49,9 triliun sudah bisa digunakan untuk melaksanakan 20 program unggulan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Jokowi mengaku akan fokus membangun infrastruktur penanganan banjir dan kemacetan di Jakarta. "Fokusnya ya banjir dan macet," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan akan memerintah seluruh jajaran dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk bekerja cepat agar tidak terjadi penumpukan anggaran pada akhir tahun.

"Mau langsung kebut, injak gas, agar semua dinas, semua SKPD langsung bisa ambil uang dan dikerjakan di lapangan," katanya.

Jokowi menyebutkan, setelah anggaran cair, semua bawahannya bisa langsung melakukan tender dan tidak menunda hingga triwulan kedua 2013. "November selesai," katanya.

Meski macet jadi fokus utama Jokowi, namun anggaran turun untuk transportasi ternyata hanya 7 persen.

Mengenai hal ini, Jokowi beralasan karena beberapa program seperti monorel dan Mass Rapid Transit (MRT) tidak menggunakan APBD. "Ya kan monorel enggak pakai APBD. MRT kan juga dapat pinjaman," katanya.



(dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013