Jakarta (ANTARA) - Petra Kvitova meningkatkan statusnya sebagai favorit utama untuk gelar ketiga Wimbledon dengan mengalahkan Donna Vekic di final turnamen lapangan rumput WTA Berlin, Minggu waktu setempat.

Unggulan ketujuh dari Ceko itu menang 6-2, 7-6 (8/6) untuk meraih gelar keduanya tahun ini. Kemenangan itu memberinya trofi lapangan rumput keenam, dan gelar ke-31 sepanjang kariernya.

Kvitova (33) yang merupakan juara Wimbledon pada 2011 dan 2014, mematahkan servis Vekic dua kali pada set pertama. Keduanya bertukar break pada set kedua sebelum Kvitova menang pada tiebreak.

Petenis nomor sembilan dunia itu tidak kehilangan satu set pun dalam perjalanannya untuk mengangkat trofi di Stadion Steffi Graf di ibu kota Jerman itu.

"Saya kaget sekarang," kata Kvitova kepada penonton beberapa saat setelah hitungan mundur untuk mengangkat trofi, dikutip dari AFP.

Baca juga: Kvitova juarai Miami Open untuk catatkan gelar WTA ke-30

"Saya tidak yakin bisa berhitung dalam bahasa Jerman, tapi akhirnya saya melakukannya jadi saya senang."

Vekic memuji karier lawannya itu.

"Karier Anda adalah sesuatu yang hanya bisa kami harapkan," ujar Vekic.

"Saya kalah dari Anda beberapa kali dan setiap kali saya kalah dari Anda, saya merasa seperti Anda memenangi turnamen."

Kvitova kini telah memenangi 12 dari 13 pertandingan terakhirnya di lapangan rumput sejak perebutan gelarnya di Eastbourne musim lalu. Dia hanya kalah empat set selama rentang itu.

Vekic (26) non-unggulan tampil mengesankan pekan ini, mengalahkan juara bertahan Wimbledon Elena Rybakina dalam perjalanannya ke final lapangan rumput pertamanya sejak 2019.

Baca juga: Kvitova bertunangan dengan pelatihnya

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023