Jakarta (ANTARA) - Petra Kvitova berbalik menang 6-7(6/8), 6-4, 6-3 atas Madison Keys pada Sabtu waktu setempat untuk mencapai final pertamanya dalam turnamen ATP dan WTA Cincinnati Masters.

Juara Wimbledon dua kali yang memainkan semifinal turnamen pada 2012 dan 2018 itu akan menghadapi petenis kualifikasi asal Prancis Caroline Garcia atau unggulan keenam Aryna Sabalenka dalam final Minggu ini.

"Itu pertandingan yang luar biasa, saya sudah memperkirakan bakal sulit, tetapi tidak sesulit ini," kata petenis berusia 32 tahun yang kembali masuk 20 besar dunia itu.

“Saya terus melangkah dan berusaha break di sini (setelah kalah pada set pertama). Saya bermain lebih tenang dan menunggu peluang saya yang akhirnya datang," sambung dia seperti dikutip AFP.

“Saya senang saya ternyata berhasil. Saya tidak peduli dengan peringkat tetapi yang penting adalah berada dalam final."

Baca juga: Raducanu terhenti pada babak ketiga Cincinnati

Petenis berperingkat 28 itu kehilangan set pembuka setelah hampir bertarung selama satu jam melawan petenis AS yang juara Cincinnati 2019 tersebut.

Namun petenis Ceko itu membalas dengan dua break pada set kedua dan mengawali set ketiga dengan break ketiga saat membalikkan keadaan untuk menang dalam waktu dua jam, 20 menit.

Kvitova bangkit dari ketertinggalan 0-40 saat memegang servis pada game terakhirnya sebelum mematahkan servis Keys untuk memenangi match point ketiga ketika pengembalian petenis Amerika itu melebar dari bidang lapangan.

Kvitova sudah 63 mencapai semifinal dan melaju ke final level Masters yang ke-12. Dia kini unggul 5-4 dalam pertemuan dengan Keys.

Baca juga: Venus Williams dan Dominic Thiem dapat wildcard US Open 2022

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022