Jakarta (ANTARA) - Seperti jutaan orang lainnya, penyanyi Adele turut tertegun oleh tragedi kecelakaan kapal selam Titan, milik Ekspedisi OceanGate, hingga dia menghentikan sejenak konser di Caesar's Palace, Las Vegas, Amerika Serikat (AS) untuk membahas hal itu.

Pada tanggal 23 Juni, sehari setelah pihak berwenang AS mengonfirmasi kecelakaan tersebut, Adele berbicara tentang bencana itu di atas panggung, bertanya kepada lebih dari 4.000 penonton, "Seberapa gila cerita kapal selam itu?" katanya, seperti dikutip Eonline, Senin.

Seperti yang terlihat dalam video TikTok yang dibagikan oleh seorang penggemar, Pelantun “Easy on Me” itu menjawab pertanyaannya sendiri, "Benar-benar gila, ini sangat tragis," ujar Adele.

Pihak berwenang AS sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa kapal wisata bawah laut yang membawa lima orang itu hancur dalam ledakan dahsyat, saat pelayarannya untuk mencapai reruntuhan kapal Titanic yang terkenal.

Baca juga: Kapal robot temukan puing diyakini kapal selam Titan di Laut Atlantik Utara

Konfirmasi itu diikuti dengan pencarian selama lima hari yang diliput secara luas oleh media dari seluruh dunia sehingga mendominasi wacana media sosial dan memicu banyak perdebatan.

"Aku telah berdebat dengan teman-temanku di obrolan grup kami. Semua orang seperti, 'Saya tidak akan pernah melakukan itu’ tapi itu bohong, karena banyak orang akan melakukannya," kata Adele kepada audiens.

"Sebelum Minggu ini (tragedi terjadi), berapa banyak orang, jika mereka bisa, yang akan turun ke dasar laut untuk melihat Titanic? Angkat tanganmu," tambahnya bertanya.

Banyak orang dari ribuan kerumunan memberi tanda setuju dan bersorak, "Aku tahu itu!” seru Adele.

Baca juga: James Cameron sebut penyelaman kapal Titan terlalu eksperimental

Wanita kelahiran 5 Mei 1988 itu kemudian kembali bertanya, berapa banyak yang tidak akan memilih melakukan perjalanan seperti itu, menarik lebih banyak sorakan.

Adele kemudian bertanya kepada audiensnya berapa banyak orang yang akan memilih untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa jika mereka mampu dan jika itu tidak memerlukan biaya. Reaksinya beragam.

"Aku juga tidak akan melakukannya, tetapi itu hanya karena aku sedikit pengecut. Aku kucing penakut dalam segala hal, aku bahkan tidak mau naik roller coaster. Tapi jujur aku juga tidak terlalu tertarik dengan laut dalam atau luar angkasa," jelasnya.

Adapun lima penumpang yang tewas dalam ledakan kapal Titan adalah mahasiswa Inggris Suleman Dawood, dan ayahnya Shahzada Dawood, kemudian miliarder sekaligus penjelajah, Hamish Harding, ahli kelautan Prancis Paul-Henri Nargeolet, serta pilot dan CEO kapal selam dari OceanGate, Stockton Rush.

Baca juga: Kapal selam wisata Titanic dipastikan hancur, lima penumpang tewas

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023