Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan tersedianya jaringan 4G di sepanjang ruas tol Cisumdawu yang hingga saat ini sudah tersedia tidak kurang dari 190-unit Base Transceiver Station (BTS) 4G yang akan menopang layanan di sepanjang jalur baru tersebut.

"Tol Cisumdawu ini akan sangat strategis guna memperlancar arus lalu lintas masyarakat dan barang di Jawa Barat, serta menjadi penghubung utama Ibu Kota Bandung dengan Bandara Kertajati," kata Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Menurutnya, untuk mengantisipasi semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan data berkualitas di sepanjang jalur ini, penguatan jaringan akan terus digencarkan. Apalagi ketika jalur ini telah beroperasi 100 persen nantinya diperkirakan kepadatan lalu lintas akan meningkat secara drastis.

Di Jawa Barat, jaringan perusahaan juga telah sepenuhnya tersedia di sepanjang jalur Tol Jakarta – Cikampek (Japek), Tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang (Cipularang), Tol Purwakarta – Bandung – Cileunyi (Purbalenyi).

Hingga saat ini, layanan di Jawa Barat telah didukung lebih dari 27.500 BTS yang mayoritas merupakan BTS 4G. Dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, penambahan BTS di Jawa Barat naik lebih dari 140 persen.

"Melihat kebutuhan akan jaringan berkualitas yang terus meningkat di kawasan ini, perseroan melakukan beberapa inisiatif antara lain tetap melanjutkan pembangunan fiberisasi di masa ini," katanya.

Sebagai produk konvergensi pertama di Indonesia, XL SATU Fiber semakin gencar menghadirkan layanan di beberapa kota baru di provinsi Jawa Barat. Selain itu, perusahaan juga berkomitmen untuk terus melakukan perluasan area layanan di kota-kota yang telah terlayani.

Setelah beberapa tahun melayani masyarakat di kota Bandung, kota Bogor, dan kota Depok, layanan XL SATU Fiber juga telah hadir di sejumlah kota baru seperti Cirebon, Garut, hingga Tasikmalaya.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023