Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh memberikan keringanan biaya sumbangan pengembangan institusi (SPI) untuk calon mahasiswa baru kurang mampu lewat beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

“Kebijakan ini bertujuan memberi kesempatan kepada calon mahasiswa, khususnya yang kurang mampu untuk masuk PTN melalui jalur Mandiri,” kata Rektor USK, Prof Marwan di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan kebijakan yang diterbitkan tersebut, juga bagian dukungan USK agar calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu punya kesempatan yang sama untuk kuliah di kampus “jantong hatee” rakyat Aceh itu.

Baca juga: Universitas Syiah Kuala masuk peringkat 101-200 dunia versi THE-SDGs

“Selama ini banyak yang menilai jalur Mandiri itu mahal. Jadi, USK memberikan keringanan SPI khusus untuk penerima beasiswa KIP K agar anak-anak kita yang kurang mampu ini juga punya kesempatan yang sama kuliah di USK,” katanya.

Ia mengatakan pendaftaran untuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN) Wilayah Barat atau jalur Mandiri akan berakhir pada 27 Juni 2023 pukul 16.00 WIB.

Pada tahun 2023, USK menyediakan kuota sebesar 35 persen untuk mahasiswa baru dari jalur Mandiri. Jumlah tersebut setara dengan 3.000 mahasiswa baru, dari total mahasiswa baru yang diterima USK pada tahun itu.

Selain kebijakan pengurangan dana SPI tersebut, USK juga mengeluarkan kebijakan untuk membuka jalur Seleksi Talenta Berprestasi. Program penjaringan mahasiswa baru ini akan dilaksanakan bersamaan dengan jalur Mandiri.

Baca juga: USK-YSN jalin kerja sama penelitian ganja medis

Baca juga: USK Banda Aceh sabet medali perak di ajang Olimpiade IoT internasional


Rektor menjelaskan Program Talenta Berprestasi merupakan program penjaringan mahasiswa baru berdasarkan prestasi/kemampuan pada berbagai bidang, seperti bidang akademik, kepemimpinan, minat dan bakat, olahraga, tanfidz, olimpiade, dan lainnya.

“Ini kesempatan yang baik bagi anak-anak kita yang punya prestasi di bidang akademik dan non-akademik, untuk mewujudkan cita-citanya di USK,” kata Rektor.

Informasi lengkap terkait proses seleksi jalur Mandiri dan Talenta Berprestasi ini dapat dilihat pada website resmi USK yaitu : www.usk.ac.id atau https://smmptnbarat.id serta dapat menghubungi Call Center Humas USK pada nomor: 08116752000 atau Contact Person Panitia: 0811656886.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023