Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Syiah Kuala (USK) menyatakan siap berkontribusi memajukan program studi di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, di antaranya prodi pertambangan dan geologi.
 
"USK dengan segala capaian yang telah ditorehkan oleh Fakultas Teknik dengan kerendahan hati siap berkontribusi lebih dalam memajukan prodi pertambangan, geologi dan lainnya yang dibutuhkan Unpatti, sebab dekat dengan blok Masela," kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Bisnis dan Kerja Sama USK Prof Taufiq Saidi di Banda Aceh, Selasa.
 
Ia menjelaskan USK secara prinsip sangat siap membantu Unpatti yang sedang persiapan menuju PTN-BH.

"Kita menyambut baik MoU yang sudah disepakati bersama dan kami sepakat untuk terus berpacu dalam mengembangkan kampus-kampus di luar Pulau Jawa. Di mana tantangan kampus yang di luar Pulau Jawa memang lebih kompleks sehingga butuh tenaga ekstra untuk akselerasi kencang," katanya.

Baca juga: Sebanyak 2.180 peserta CPNS Kemendikbudristek ujian di USK

Baca juga: Sebanyak 204 peneliti dunia bahas temuan di USK
 
Ia juga mengatakan USK juga ingin belajar lebih jauh terkait perikanan, karena Fakultas Kelautan dan Perikanan USK usianya relatif muda dan Unpatti punya pengalaman dalam bidang tersebut.
 
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama & Sistem Informasi Unpatti, Dr Muspida, mengatakan universitasnya saat ini sedang persiapan diri menuju kampus PTN-BH sehingga ingin banyak hal yang bisa dipelajari dari USK yang sudah lebih dulu PTN-BH.
 
"Kami ingin segera punya prodi peternakan. Kami rasa bisa belajar banyak dari prodi peternakan di sini, dan Fakultas Kedokteran Hewan USK," katanya.*

Baca juga: Wisuda di USK ikut diwarnai dukungan Palestina

Baca juga: Kemhan didik dokternya di USK

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023