Pada periode libur panjang Selasa (27/6) hingga Minggu (2/7) kami siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan berpergian dengan menyediakan 13.656 lembar riket.
Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang, Lampung, menyediakan 13.656 tiket bagi pelanggan kereta api pada libur Idul Adha 1444 Hijriah.

"Pada periode libur panjang Selasa (27/6) hingga Minggu (2/7) kami siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan berpergian dengan menyediakan 13.656 lembar tiket," kata Pelaksana Harian Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Muhammad Reza Fahlepi di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa KAI Divre IV pada masa libur Idul Adha akan mengoperasikan dua perjalanan kereta api Ekspres Rajabasa relasi Tanjungkarang -Kertapati pulang-pergi.

Baca juga: KAI Palembang menyiapkan 31.312 tiket jelang Idul Adha 1444 Hijriah

Kemudian, lanjut dia, empat perjalanan kereta api Kualastabas relasi Tanjungkarang-Baturaja dua kali pulang-pergi, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 1.972 tempat duduk setiap hari.

"Berdasarkan pantauan kami, dari jumlah tiket yang disediakan, telah terjual 98 persen atau 13.303 lembar dari 13.656 lembar tiket," kata dia.

Ia mengatakan bahwa berkaitan dengan persyaratan perjalanan kereta api, KAI Divre IV Tanjungkarang memberlakukan syarat perjalanan baru naik Kereta Api berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi COVID-19.

"Sesuai SE tersebut seluruh pengguna kereta api di wilayah Divre IV Tanjungkarang dianjurkan tetap melakukan vaksinasi COVID-19. Namun saat berada di stasiun ataupun di kereta, pengguna diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19," kata dia.

Baca juga: KAI Daop 1 catat 192 ribu tiket terjual jelang Idul Adha

KAI Divre IV Tanjungkarang berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode libur Idul Adha dan belum memiliki tiket, segera untuk membelinya baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan," kata dia.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023