Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman, Arif Havas Oegroseno menyambut baik prestasi kontingen Indonesia pada Special Olympics World Games (SOWG) 2023 di Berlin, Jerman.

"Sebagai negara G20, Indonesia sudah sepatutnya dikenal pula untuk prestasinya di berbagai sektor, termasuk olahraga bagi warganya yang bertalenta khusus," kata Arif dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Sebanyak 25 atlet bertalenta khusus dari berbagai provinsi se-Indonesia yang tergabung dalam kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) bertanding dalam tujuh cabang olahraga, yakni atletik, bulu tangkis, boling, senam artistik, senam ritmik, renang dan tenis meja.

Kontingen Indonesia berhasil memperoleh 10 medali emas, 5 medali perak dan 8 medali perunggu. Empat emas diraih di cabang olahraga bulu tangkis, 2 emas di senam ritmik, 2 emas atletik, 1 emas  renang dan 1 emas cabang olah raga boling.

Baca juga: SOIna targetkan sembilan emas di SOWG Berlin 2023
Baca juga: SOIna persiapkan pelatnas untuk atlet jelang SOWG 2023 Berlin


Capaian tersebut melampaui target yang dicanangkan yakni 9 emas. Para atlet Indonesia bersemangat, bangga dan berbahagia dapat berpartisipasi pada SOWG 2023 dan bertanding dengan atlet-atlet bertalenta khusus dari berbagai belahan dunia, seperti dikutip.

Upacara Pembukaan SOWG 2023 dibuka oleh Presiden Republik Federal Jerman, Frank-Walter Steinmeier, di Olympiastadion Berlin pada 17 Juni dan resmi ditutup pada 25 Juni di area Brandenburger Gate di Berlin. Pertandingan tersebut turut disaksikan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Dito Ariotedjo, Dubes Arif dan masyarakat Indonesia yang berada di Berlin.

Lebih jauh, kontingen Indonesia juga didukung penari bertalenta khusus yang tergabung dalam sanggar tari untuk anak-anak disabiltas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka tampil di berbagai acara di KBRI Berlin dan venue SOWG 2023.

Special Olympics merupakan organisasi internasional yang diakui International Olympic Committee (IOC), sebagai satu-satunya Olimpiade Olahraga Khusus bagi para penyandang disabilitas intelektual dengan lebih dari 5 juta atlet dari 174 negara di dunia.

Olimpiade tersebut diselenggarakan setiap 2 tahun sekali dan tahun ini Berlin menjadi tuan rumah. Dengan tema “Unbeatable Together”, lebih dari 6.000 atlet dari 190 negara bertanding dalam 26 cabang olahraga.

SOWG 2023 menyampaikan pesan-pesan mengenai inklusifitas, bahwasanya diharapkan kompetisi tersebut dapat meningkatkan kesadaran agar masyarakat memperlakukan penyandang disabilitas intelektual dengan setara, penuh empati dan bahwa mereka juga memiliki hak-hak yang setara seperti manusia lainnya.

Baca juga: Menpora sambut baik tawaran Indonesia jadi tuan rumah SOWG 2027

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023