Jakarta (ANTARA) - Special Olympics Indonesia (SOIna) memastikan para atlet, pelatih dan pendamping mempersiapkan diri dengan matang jelang Special Olympics World Games (SOWG) Berlin 2023.

Dengan waktu tersisa kurang lebih lima bulan, Ketua Umum PP SOina Warsito Ellewien mengatakan dukungan pun terus mengalir dari berbagai pihak termasuk pemerintah, swasta, dan individu.

"Sudah puluhan yang menyatakan diri akan ikut serta ke Berlin menyertai delegasi," kata Warsito dalam keterangan pers yang diterima media di Jakarta, Minggu.

Baca juga: SOIna harapkan dukungan masyarakat untuk tim Indonesia di SOWSG 2023

Salah satu atlet disabilitas intelektual yang akan bertandang ke Berlin, Jerman, adalah Naufal Dwi Kurnia untuk cabang olahraga bulu tangkis dan saat ini tengah mengikuti pelatnas desentralisasi yang berlangsung di Yogyakarta.

Di sisi lain, PP SOina baru-baru ini menerima komitmen sumbangan senilai Rp4,25 miliar. Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga berjanji akan membantu keberangkatan delegasi berjumlah 42 orang yang terdiri dari 17 atlet bertalenta khusus, pelatih, ofisial serta pendamping.

Selain anggota delegasi, sejumlah orang juga merencanakan bakal berangkat ke Berlin untuk memberikan dukungan. Mereka terdiri dari para pejabat, pengusaha serta anggota keluarga. Kehadiran mereka pun diharapkan akan membantu semangat para atlit bertalenta khusus memenangi perlombaan.

Warsito menambahkan, jumlah mereka belum bisa dipastikan berapa karena kemungkinan akan bertambah terus. Warga Indonesia di Eropa, terutama Jerman, diharapkan juga akan ikut mendukung. Tak hanya perlombaan, sejumlah aktivitas juga akan digelar delegasi Indonesia di Jerman.

Lebih lanjut, Warsito menilai hal itu merupakan bukti lain ke dunia bahwa Indonesia serius dalam menyiapkan diri menjadi tuan rumah SOWG 2031 mendatang.

Baca juga: SOIna: Pemerintah berperan beri ruang bagi atlet berkebutuhan khusus
Baca juga: Ganjar lelang sepeda Rp1,1 miliar untuk dukung atlet SOIna

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023