Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 27 negara di kawasan Asia Pasifik menghadiri Regional Leadership Conference (RLC) 2023 yang digelar Special Olympics di salah satu hotel di Jakarta pada 3 hingga 5 November 2023.

Special Olympics merupakan organisasi internasional yang telah diakui oleh International Olympic Committee (IOC) sebagai satu-satunya Olimpiade Olahraga Khusus bagi para Penyandang Disabilitas Intelektual (ID) di dunia.

Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna) Warsito Ellwein dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat mengatakan 27 negara yang menjadi peserta RLC merupakan anggota Special Olympics kawasan Asia Pacific.

Dalam pertemuan selama tiga hari ke depan, peserta akan membahas kerja sama mengembangkan anak- anak bertalenta khusus atau disabilitas intelektual.

Baca juga: 34 negara ikuti Regional Leadership Conference bahas Special Olympics

Ia menjelaskan Special Olympics organisasi olahraga untuk anak-anak dan orang dewasa penyandang disabilitas intelektual. Mereka menyediakan pelatihan dan aktivitas sepanjang tahun untuk 5 juta peserta dan mitra olahraga terpadu di 172 negara.

Program Special Olympics di kawasan Asia Pacific kini diikuti oleh 2,1 juta atlet dan tujuan gerakan ini adalah mempromosikan inklusi, sikap menghormati, menjunjung martabat warga difabel intelektual lewat olahraga.

Menurut dia Pemerintah Indonesia mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga para peserta akan diundang hadir dalam acara Cultural Nite, Sabtu (4/11).

Dalam acara itu anak-anak bertalenta khusus yang tergabung Special Olympics Indonesia akan mempertontonkan keragaman budaya lewat sejumlah penampilan karya seni.

"Ini merupakan kesempatan kita menunjukkan kepada negara-negara lain bahwa Indonesia serius menangani anak-anak bertalenta khusus, " kata dia.

Dia berharap pertemuan bertajuk Regional Leadership Conference ini membuka kesempatan kerja sama lebih jauh di sejumlah kegiatan tak saja kompetisi olah raga namun juga soal atlet, kepemimpinan, kekeluargaan dan program lainnya.

"Para peserta tentu bisa mengerti bagaimana Special Olympics Indonesia menggelar Pekan Special Olympics Nasional juga menyiapkan delegasi ikut serta di berbagai pertandingan internasional, seperti Special Olympics World Games di Berlin bulan Juni lalu, "kata dia.

Baca juga: Soina bawa atlet difabel intelektual dorong inklusi di Indonesia
Baca juga: 120 anak disabilitas antusias ramaikan HUT (SOIna) XXXIV 2023


Sebelumnya Regional Leadership Conference (RLC) akan berlangsung di salah satu hotel di Jakarta pada 3 hingga 5 November 2023. Hajatan regular yang kali ini mengambil tema Reclaiming Our Reach dan selama tiga hari tersebut para anggota delegasi akan membicarakan berbagai aspek pengembangan disabilitas intelektual.

Media Relations Special Olympics Indonesia Dwi Iswandono mengatakan mereka akan saling bertukar pandangan baik memecahkan hambatan dan mengembangkan program. Special Olympics tak semata-mata untuk mengejar prestasi bidang olah raga tapi juga hal-hal lain untuk mendukung pencapaian kemandirian anak-anak bertalenta

“Chief Executive Officer Special Olympics International Mary Davis dijadwalkan akan terbang dari Washington untuk memberikan pidato kunci tentang masa depan Special Olympics,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023