Jakarta (ANTARA) - Atlet Spesial Olympics Indonesia mulai berlaga hari ini, Minggu, dalam pesta olahraga empat tahunan terbesar bagi atlet bertalenta khusus atau disabilitas intelektual, Special Olympics World Summer Games (SOWSG), yang digelar di Berlin, Jerman.

Sebagian peserta harus menjalani dahulu tahapan divisioning, di mana para juri akan menilai kemampuan para atlet untuk menentukan pada kelompok mana mereka mesti bertanding.

​Menurut Head of Delegation Agus Sugiarto beberapa atlet bertalenta khusus Indonesia mulai berlaga hari ini di sejumlah cabang olahraga.

"Hari ini Minggu, para atlet bulu tangkis akan memulai tahap divisioning," ujar Agus dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Atlet SOIna dalam kondisi siap bertanding di SOWSG 2023 Jerman

Panitia memperkirakan peserta terdaftar yang ikut serta ada sebanyak 144 pebulu tangkis bertalenta khusus dan 58 atlet partner juga akan ikut serta.

Mereka akan turun di lima nomor, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda campuran, ganda unified, ganda campuran unified.

Dua pebulu tangkis bertalenta khusus Indonesia dijadwalkan berlaga, Minggu, di Hall 1.2, Komplek Messe Berlin.

​Kontingen Indonesia mengirim Naufal Dwi Kurnia untuk nomor tunggal putra, dan Ananias Ulin Pratiwi untuk tunggal putri. Sementara, dua atlet partner adalah Kristiyana Febriyanti dan Alfonsus William. Mereka berlatih di bawah bimbingan pelatih kepala Mardi Panjaitan.

​Menurut asisten pelatih bulu tangkis Sesaria Nisa Afifi, atlet bulu tangkis sempat kelelahan setelah mengikuti upacara pembukaan SOWSG yang berakhir tengah malam di Olympia Stadium, Sabtu (17/6).

"Namun, pagi ini mereka sangat antusias," ujar Sesaria.

Baca juga: Kemenpora dukung penuh timnas berlaga di SOWSG 2023
Baca juga: SOIna turunkan 25 atlet targetkan sembilan emas SOWSG Jerman


Selama di Berlin, para pebulu tangkis selain mendapat kesempatan mencoba lapangan pertandingan, mereka juga berlatih bersama para pemain lokal binaan mantan pebulu tangkis Indonesia Bram Fernardin.

Selain bulu tangkis, para atlet atletik juga akan menjalani perlombaan tahap divisioning. Mereka akan berlaga mulai Minggu hingga Rabu (21/6).

Nomor lari yang akan diikuti adalah 100 meter putra dan putri, 200 meter putra dan putri, 400 meter putra dan estafet 4x4 campuran. Perlombaan cabang olahraga atletik berlangsung di Olympiapark Stadions.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023