Jakarta (ANTARA) - Para atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) dalam kondisi siap bertanding pada pesta olahraga Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman, pada 17-25 Juni.

Komandan Pelatnas Amran Siregar mengatakan pemusatan latihan nasional (pelatnas) berjalan dengan baik. Dia melaporkan kondisi atlet kepada Ketua Umum PP SOIna Warsito Ellwein di Ruang Rinjani, Hotel Grand Arkenso, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Senin.

"Pelatnas SOIna telah dimulai sejak 8 Mei 2023 di Semarang dan Kudus diikuti 25 atlet dari 17 provinsi," ujar Amran dalam keterangan tertulis, Senin.

Atlet yang tergabung di pelatnas, lanjut Amran, akan bersaing pada tujuh cabang olahraga yakni bulu tangkis, renang, tenis meja, boling, atletik, senam ritmik, dan artistik.

Amran pun telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya di pelatnas dan menyerahkan tongkat estafet kepada Agus Soegiarto selaku Head of Delegation SOIna untuk Special Olympics World Games 2023.

Baca juga: Kemenpora dukung penuh timnas berlaga di SOWSG 2023

Dalam sambutannya, Agus mengatakan akan menjalankan amanat tersebut dengan sebaik-baiknya demi nama besar Bangsa Indonesia.

Dia mengatakan seluruh atlet SOIna akan meninggalkan Semarang pada Jumat (9/6) untuk mengikuti pelepasan resmi di Jakarta, satu hari kemudian.

"Kemudian pemberangkatan melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (11/6) petang," ujar Agus.

Agus akan bertolak lebih dulu ke Berlin pada Rabu (7/6) untuk mempersiapkan segala sesuatunya bersama panitia lokal di ibu kota Jerman itu untuk kedatangan atlet Indonesia.

Sementara itu, Warsito Ellwein mengatakan pentingnya kekompakan, kebersamaan, dan menciptakan suasana senang, gembira, dan bahagia dalam mengikuti Special Olympics World Summer Games 2023 di Jerman.

"Perihal target yang akan dicapai dalam ajang ini, beberapa pelatih menyampaikan setidaknya ada sembilan medali emas menjadi sasaran," ujar Warsito.

Berdasarkan laman resmi SOWSG 2023, sekitar tujuh ribu atlet ofisial dari 170 negara akan bersaing pada 24 cabang olahraga.

Selain tujuh cabang yang diikuti Indonesia, pesta olahraga empat tahunan ini mempertandingkan cabang olahraga renang perairan terbuka, bola basket, boccia, balap sepeda, berkuda, sepak bola, golf, judo, bola tangan, kayak, angkat berat, sepatu roda, layar, tenis, dan bola voli indoor, serta bola voli pantai.

Baca juga: Dua atlet tenis meja disabilitas siap menuju SOWSG Berlin 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023