Jakarta (ANTARA) - Kontingen Indonesia berhasil melampaui target dengan membawa pulang 10 medali emas dari Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman, yang bergulir sejak Sabtu (17/6) hingga hari terakhir Minggu (25/6).

Ketua Umum Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (SOIna) Warsito Ellwein mengatakan pencapaian skuad Merah Putih melebihi target yang dicanangkan yakni sembilan emas.

"Apa yang paling penting adalah kesempatan kami untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kami selalu kompak, selalu bersama-sama,” ujar Warsito dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu.

Semula, lanjut Warsito, banyak yang meragukan target sembilan emas. Namun atlet Indonesia berhasil membuktikan dengan prestasi membanggakan.

Perjalanan wakil Indonesia di Berlin pun berakhir dengan manis setelah pelari asal Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat Zakaria kembali mempersembahkan emas dengan memenangi nomor 400 meter putra level A.

Baca juga: Arsyad Al Banjari raih emas dan perunggu renang di SOWSG 2023 Berlin

Zaki, sapaan akrab Zakaria menang tipis dengan catatan waktu 50,84 detik atas peraih perak pelari asal Special Olympics Botswana Lefika NTEBO yang mencatat waktu 50,92 detik. Sedangkan pelari asal Trinidad and Tobago yang masih berusia 15 tahun Cadel Cuffy meraih perunggu dengan waktu 53,12 detik.

Usai pertandingan Zaki mengatakan sempat gugup sebelum berlari karena harus menghadapi lawan-lawan yang tangguh. Pelari pun telah bersaing sejak awal dari tahap divisioning hingga fase final.

Dengan demikian Zaki mempersembahkan dua emas untuk Indonesia. Sehari sebelumnya dia menang di nomor 100 meter level A. “Hari ini saya sangat bahagia kembali mempersembahkan emas untuk Indonesia,” ujar Zaki.

Secara keseluruhan, Indonesia mengoleksi 10 emas, lima perak, dan delapan perunggu. Skuad Meraih putih menurunkan 25 atlet yang berasal dari 17 provinsi.

Mereka turun pada tujuh cabang olahraga yakni bulu tangkis, renang, tenis meja, boling, atletik, senam ritmik, dan artistik.

Berdasarkan laman resmi SOWSG 2023, sekitar 7.000 atlet dan ofisial dari 170 negara akan bersaing pada 24 cabang olahraga.

Selain tujuh cabang olahraga yang diikuti Indonesia, pesta olahraga empat tahunan ini juga mempertandingkan cabang olahraga renang perairan terbuka, bola basket, boccia, balap sepeda, berkuda, sepak bola, golf, judo, bola tangan, kayak, angkat berat, sepatu roda, layar, tenis, dan bola voli indoor serta bola voli pantai.

Baca juga: Menpora sambut baik tawaran Indonesia jadi tuan rumah SOWG 2027
Baca juga: SOIna turunkan 25 atlet targetkan sembilan emas SOWSG Jerman

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023