Waspada hujan lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara, khususnya kawasan pegunungan dan pantai timur, yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir, angin kencang, dan longsor
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) agar waspada hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang yang dapat menyebabkan banjir.

"Waspada hujan lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara, khususnya kawasan pegunungan dan pantai timur, yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir, angin kencang, dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Selasa.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada pagi hari dalam dua hari ke depan cerah berawan. Siang dan sore hari, kata dia, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasudutan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba, Samosir, Simalungun, P.ematang Siantar, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat di sebagian Sumut yang berpotensi banjir

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga hujan lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Hujan lebat berpotensi terjadi di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasudutan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Simalungun, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Batubara, Asahan, Tanjung Balai,Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan dan Sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16 - 33 derajat Celsius, kelembapan udara 65 – 95 persen, angin berhembus dari Barat Daya - Barat Laut, dengan kecepatan 10 – 20 km/jam.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat di sebagian Sumatera Utara hari ini

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023