Suatu kebanggaan bagi Kota Jakarta, untuk menyelenggarakan ini. Pemprov mendukung seluruh penyelenggaraan event olahraga di Jakarta, khususnya berskala internasional,"
Jakarta (ANTARA News) - Enjoy Jakarta akan menjadi sponsor utama turnamen Indonesia PGA Championship yang memperebutkan total hadiah satu juta dolar AS (Rp9,8 miliar) pada 28-31 Maret di Emeralda Golf and Country Club, Depok.

"Suatu kebanggaan bagi Kota Jakarta, untuk menyelenggarakan ini. Pemprov mendukung seluruh penyelenggaraan event olahraga di Jakarta, khususnya berskala internasional," kata Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sukesti Martono dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Sukesti, Enjoy Jakarta Indonesia PGA Championship yang didukung oleh Oneasia dan Japan Golf Tour Organisation (JGTO) bisa menjadi ajang untuk mengasah pegolf nasional serta bakat-bakat muda untuk bersaing di tingkat internasional.

Pernyataan Sukesti didasari keikutsertaan beberapa pegolf dunia dalam turnamen tersebut seperti Jeev Milkha Singh dari India, Simon Dyson (Inggris), Daniel Chopra (Swedia) dan Shingo Katayama (Jepang).

Selain itu bintang baru asal Korea Selatan Kim Kyung-tae juga akan ambil bagian dalam turnamen tersebut, serta tentunya juara bertahan Andre Stolz asal Australia dan pegolf nasional Rory Hie.

Stolz menjadi juara dalam edisi terakhir turnamen Indonesia PGA Championship pada 2011 diikuti Rory sebagai runner-up.

Sebanyak 156 pegolf akan memperebutkan total hadiah satu juta dolar AS dengan keikutsertaan 60 pegolf Jepang, 60 pegolf Malaysia serta 24 pegolf Indonesia mendampingi sejumlah pegolf dunia yang sudah disebutkan sebelumnya.

Ketua Persatuan Golf Profesional Indonesia (PGPI) Syafei Asnaf mengatakan dari kuota 24 pegolf tersebut akan diisi pegolf peringkat 20 teratas versi PGPI selanjutnya empat tiket tersisa akan diperebutkan pegolf yang berada di luar 20 besar.

"Nanti untuk perebutan empat tiket tersisa akan dilakukan semacam seleksi pada 11-12 Maret di Emeralda," ujar Syafei.

Meskipun dikelilingi kehadiran pegolf kelas dunia, Syafei tetap berharap hadiah utama turnamen tersebut dapat diperoleh pegolf Indonesia.

Rory Hie hampir menjuarai Indonesia PGA Championship 2011 setelah memimpin hingga putaran ketiga, namun harus tertinggal satu pukulan di bawah Stolz pada akhirnya.

Sementara keberhasilan Stolz memenangi Indonesia PGA Championship 2011 menjadi catatan tersendiri mengingat kala itu dia baru kembali dari masa pensiun pada dua tahun sebelumnya.

Kemudian pegolf dunia lain yang dinantikan penampilannya adalah Singh, yang akan melakukan debutnya di OneAsia. Ia telah memegang 20 gelar di seluruh dunia dengan empat di antaranya di daratan Eropa. Juara enam kali Asian Tour tersebut terakhir kali memenangi Scottish Open.

Selain itu Dyson juga menjadi salah satu favorit juara mengingat ia merupakan pemenang Indonesia Open 2006 dan telah mengoleksi enam gelar di Eropa serta empat gelar di Asian Tour.

Sukesti mengatakan warga Jakarta harus bersama-sama menjadi tuan rumah yang baik menyambut kedatangan pegolf kelas dunia tersebut.

"Saya mengajak masyarakat menjadi tuan rumah yang baik, supaya kota Jakarta menjadi penyelenggara yang aman dan nyaman bagi peserta," ujar dia.

Hadir pula dalam konferensi pers tersebut Presiden Direktur Emeralda Golf and Country Club Wahyu A Harun, Direktur Eksekutif JGTO Andy Yamanaka, Direktur Tour Oneasia David Parkin dan Wakil Presiden Golf World Sport Tour Patrick Joyce.

(G006/Y008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013