Iya memang kita jumpa dengan pengusaha Malaysia. Ya masih sekedar bincang-bincang"
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Melihat lingkungan di sekitar ruas jalan kota Kuala Lumpur yang bersih dan ditata dengan baik, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ingin Jakarta bisa seperti ibukota Malaysia itu.

"Saya ingin Jakarta juga bisa (bersih) seperti ini," kata Jokowi yang ditemani oleh Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno saat menelusuri sejumlah ruas jalan di pusat perbelanjaan Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Jumat.

Kalau ditanya kapan itu bisa dicapai, kata Jokowi, tentu memerlukan waktu karena mengubah budaya yang terbentuk cukup lama tentu tidak mudah.

Menurut dia, upaya yang dilakukan adalah mengubah budaya masyarakat di Jakarta menjadi sangat peduli terhadap lingkungan hidup yang bersih.

"Ini kan kita bicara soal budaya dan untuk mengubah budaya yang telah terbentuk cukup lama itu tidak mudah. Ya tentu akan membutuhkan waktu," ungkapnya.

Selama di Kuala Lumpur, Jokowi menyempatkan diri melihat langsung sarana dan prasarana monorel. "Kita ingin mengetahui lebih dalam tentang monorel agar bila ada sesuatu permasalahan dapat dilakukan penanganan yang lebih baik," ungkapnya.

Dalam kunjungannya di Malaysia, Jokowi bertemu dengan sejumlah pengusaha Malaysia yang bergerak di berbagai bidang usaha seperti telekomuniksi, perbankan, penerbangan, pertelevisian, dan lainnya.

"Iya memang kita jumpa dengan pengusaha Malaysia. Ya masih sekedar bincang-bincang," kata Jokowi.

Di bagian lain, Gubernur DKI Jakarta ini diagendakan menghadiri pagelaran musik yang diselenggarakan dalam rangka program "Enjoy Jakarta" di Kuala Lumpur untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan dari Malaysia ke Jakarta.

Sejumlah artis ternama dari Indonesia seperti Rossa, grup band Ungu, presenter kondang Sarah Sechan dan Heidi Yunus yang dikomandoi Denny Malik akan membawakan sejumlah lagu-lagu yang populer di Tanah Air termasuk lagu Betawi dan tarian ronggeng serta Topeng Betawi.

Pagelaran ini ditampilkan secara gratis untuk masyarakat umum yang ada di kawasan Kuala Lumpur dan sekitarnya

Pewarta: N Aulia Badar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013