Sydney (ANTARA News) - Satuan tugas khusus gabungan Australia telah menyita 585 kilogram methamphetamine, yang dikenal dengan sebutan "Ice", senilai 438 juta dolar Australia (448 juta dolar AS) dalam satu operasi di Sydney, kata Polisi Federal Australia, Kamis.

Di dalam pernyataan bersama yang disiarkan pada Kamis, polisi federal mengatakan penyitaan Ice terbanyak tersebut dilakukan di Sydney saat polisi melaksanakan penggeledahan di enam tempat di seluruh pinggiran Sydney, yakni Regents Park, Bexley North, Wakeley, Canley Heights, Beverly Hills dan Ryde.

"Ini adalah penyitaan tunggal Ice terbesar dalam sejarah penerapan hukum Australia dan hampir dua kali lipat dari rekor penyitaan sebelumnya sebanyak 300 kilometer pada Juli 2012," kata Polisi Federal Australia sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Polisi Federal Australia dan Pasukan Polisi New South Wales menangkap seorang pria yang berusia 21 tahun dari Sydney, warga negara Singapura yang berumur 32 tahun dan pria berusia 51 tahun dari Hong Kong, terkait penyitaan tersebut.

Ketiga orang itu dijadwalkan disidang di Pengadilan Lokal Pusat Sydney, Kamis.

Polisi federal menyatakan satuan tugas khusus tersebut, yang terdiri atas personel dari polisi federal, bea cukai, Polisi New South Wales dan Komisi Pidana Australia, melakukan penyelidikan mengenai kemungkinan impor narkotika pada September 2012, setelah memperoleh keterangan dari anggota masyarakat.

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013