Hewan kurban dari Presiden Joko Widodo itu pada tahun 2023 ini disembelih di Kabupaten Merangin setelah pada tahun sebelumnya sapi kurban itu diserahkan dan disembelih di Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi
Jambi (ANTARA) - Sapi kurban sumbangan Presiden Joko Widodo di Jambi pada Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi bernama Bruno dengan bobot 840 kg dialokasika untuk disembelih di Kabupaten Merangin, 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Sudirman, di Jambi, Selasa mengatakan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo itu pada tahun 2023 ini disembelih di Kabupaten Merangin setelah pada tahun sebelumnya sapi kurban itu diserahkan dan disembelih di Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi.

Ia menjelaskan setiap tahunnya hewan kurban Presiden Joko Widodo itu disumbangkan keliling Provinsi Jambi dimana sudah dua daerah yang menerimanya yakni Kota Jambi dan Muaro Jambi serta kini di Merangin dan yang jelas sapi qurban presiden itu terus bergilir.

Sementara itu untuk sapi sumbangan Gubernur Jambi Al Haris, kata Sekda, ada beberapa tempat namun yang pasti di Masjid Agung Al-Fallah (Masjid Seribu Tiang).

"Pak gubernur banyak menyumbangkan hewan kurbannya tahun ini, tetapi yang teramat khusus ada di Masjid Agung Al-Falah," kata Sudirman.

Selain itu Gubernur Jambi, dari Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Sekda Provinsi Sudirman dan hampir seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Jambi ikut a ikut menyumbang hewan kurban di setiap OPD.

"Untuk setiap OPD minimal ada satu sapi, sehingga semakin banyak berkurban semakin murah rezeki, mudah-mudahan memberikan rasa peduli bagi sesama," katanya.

Pemerintah provinsi juga tidak memaksa para OPD menyembelih hewan kurbannya sendiri. Jika mau disumbangkan ke masjid atau dipotong sendiri dipersilakan, demikian Sudirman.

Baca juga: Presiden sumbang sapi kurban berbobot 840 kg untuk Jambi

Baca juga: Sapi kurban Presiden diserahkan untuk Masjid Al Munawwaroh Jambi

Baca juga: "Jarot" sapi kurban Presiden Jokowi di Jambi berbobot 885 kilogram

Baca juga: Sapi kurban Presiden Jokowi di Jambi berbobot satu ton lebih

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023