Jangan sampai terjerumus ke 'dunia narkoba', karena bisa merugikan diri sendiri, keluarga dan kesehatan diri
Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jayani mengatakan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni 2023 jadi pengingat para peserta didik untuk menjauhi narkoba dalam bentuk apapun.

"Jangan sampai terjerumus ke 'dunia narkoba', karena bisa merugikan diri sendiri, keluarga dan kesehatan diri," kata di Palangka Raya, Selasa.

Dia menuturkan, di masa libur sekolah yang cukup lama ini para orang tua disarankan selalu mengontrol pergaulan anak-anaknya di luar rumah, untuk mencegah jangan sampai terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba ataupun hal negatif lainnya yang bisa mengancam mereka.

"Saya berharap hal seperti itu jangan sampai terjadi dan melanda peserta didik kita. Maka dari itu peran orangtua dalam mengawasi pergaulan anak harus ditingkatkan, sehingga mereka tidak terjerumus ke hal tersebut," bebernya.

Mantan Kepala SMP Negeri 1 dan 2 Palangka Raya tersebut menambahkan, selama di sekolah Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Palangka Raya juga sudah sering melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang berada di daerah setempat.

Sosialisasi yang dilakukan  terkait bahaya narkoba yang bisa bahayakan kesehatan diri, apabila menggunakan narkoba dalam bentuk apapun.

"Tidak hanya penyuluhannya saja, melainkan terkait pemberantasan juga disampaikan pemateri sehingga peserta didik tidak mudah terjerumus ke dunia narkoba yang saat ini marak beredar di sejumlah daerah," ungkapnya.

Jayani juga meminta peserta didik selama masa libur sekolah alangkah baiknya melaksanakan kegiatan hal yang positif seperti perbanyak belajar atau melaksanakan liburan bersama keluarga.

"Kalau belajar di rumah dan berlibur dengan keluarga tentunya aktivitas mereka sangat terpantau oleh orang tuanya. Semoga saja peserta didik kami tidak ada yang terjerumus persoalan narkoba,"demikian Jayani.

Baca juga: Polda Metro Jaya musnahkan 131,06 kg dan 10,1 juta butir narkoba
Baca juga: BNN RI utamakan pencegahan dan penghapusan stigma pengguna narkotika
Baca juga: Kepala BNN RI sebut HANI 2023 perkuat aksi dunia bebas narkotika

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023