Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol Setyo Budiyanto, mengatakan, ziarah di taman makam pahlawan (TMP) dan tabur bunga di Perairan Bitung dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-77, untuk mengenang jasa para pahlawan.

"Tujuan kegiatan ini untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi membela tanah air," kata dia melalui Kabid Humas Polda Sulawesi Utara, Kombes Pol Iis Kristian, usai ziarah dan tabur bunga, di Manado, Selasa.

Baca juga: Polda Lampung gelar lomba burung berkicau sambut Hari Bhayangkara

Ia menambahkan ini juga sekaligus menumbuhkan jiwa nasionalisme dan semangat khususnya bagi institusi Polri dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Ia mengatakan upacara ziarah rombongan dan tabur bunga ini juga merupakan tradisi rutin tahunan Polri menjelang peringatan Hari Bhayangkara.

Baca juga: Kapolri gaungkan Pemilu damai di acara "fun walk" lintas elemen

Pelaksanaan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado dan tabur bunga dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, dihadiri para pejabat utama Polda serta Bhayangkari Sulut.

Kegiatan diawali dengan upacara ziarah rombongan di TMP Kairagi, Manado, selanjutnya menuju Mako Ditpolairud Polda Sulut, di Tandurusa, Kota Bitung untuk upacara tabur bunga di laut, yang dilaksanakan di haluan Kapal Polisi Cucak Rawa 5004.

Baca juga: Polda Sulteng gelar bakti sosial operasi bibir sumbing gratis

Upacara tersebut ditandai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan penaburan bunga di sejumlah pusara, juga pelarungan karangan bunga serta penaburan bunga di laut.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023