Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta melakukan ziarah dan tabur bunga di atas pusara mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie dan makam Purna Bhakti Pengayoman di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun turut hadir sebagai wujud dedikasi dan semangat menyongsong Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-78 pada 19 Agustus 2023.

Dia didampingi oleh para kepala divisi, kepala unit pelaksana teknis beserta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kumham) DKI Jakarta.

Ibnu usai ziarah mengatakan, peringatan HDKD 
Ke-78 di Taman Makam Pahlawan (TMP) 
Kalibata menjadi bukti konkret bahwa semangat perjuangan para pahlawan terus hidup dan menjadi inspirasi bagi upaya memajukan hukum, hak asasi manusia dan keadilan di Indonesia.

Baca juga: Kanwilkumham DKI lampaui target pemenuhan hak pilih warga binaan
Baca juga: Kanwilkumham DKI pangkas waktu layanan izin tinggal keimigrasian


Dia mengatakan, Sekretaris Jenderal  Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia Komjen Pol Andap Budhi Revianto bertindak selaku inspektur upacara dalam ziarah dan tabur bunga tersebut.

Dalam suasana khidmat, Sekjen Kemenkumham RI beserta seluruh peserta upacara mengawali kegiatan dengan mengheningkan cipta. Kemudian penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Kegiatan dilanjutkan dengan meletakkan karangan bunga dan pelaksanaan tabur bunga di pusara Almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ)
Habibie dan Almarhumah Ibu Ainun Habibie (Ibu Negara RI ke-3) hingga pusara Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Indonesia ke-23 serta Jaksa Agung ke-17 Baharuddin Lopa.

Ibnu menyampaikan, setelah kegiatan itu diharapkan semangat dan dedikasi para pahlawan dalam memperjuangkan keadilan hukum dan hak asasi manusia terus terjaga dan bisa diteruskan untuk membangun masa depan Indonesia yang lebih baik.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023