Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terus meningkatkan pemberian layanan kesehatan gratis kepada warga kurang mampu di daerah itu, sebagai bentuk perhatian dan keberpihakan pemerintah kepada masyarakat.

"Iya, pemerintah terus berupaya hadir untuk mengurangi beban masyarakat terkait dengan pelayanan kesehatan," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Selasa.

Mohamad Irwan mengemukakan bahwa banyak masyarakat kurang mampu di Kabupaten Sigi membutuhkan pelayanan kesehatan gratis, untuk mengurangi beban mereka.

Oleh karenanya, Pemkab Sigi membuat satu kebijakan program untuk memberikan layanan kesehatan gratis yang dibiayai langsung lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sigi.

Berdasarkan data Pemkab Sigi pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat miskin tahun 2016 - 2020 telah menjangkau 29.480 jiwa dengan pendanaan alokasi anggaran senilai Rp14,3 miliar.

Kemudian pada tahun 2021 - 2022 Pemkab Sigi menambah alokasi anggaran pelayanan kesehatan gratis senilai Rp4 miliar.

"Hal ini untuk membantu masyarakat, agar masyarakat tidak kesulitan dan terbebani dengan biaya kesehatan dalam pengobatan maupun perawatan," ujarnya.

Bupati menegaskan, lewat alokasi anggaran tersebut, Pemerintah Kabupaten Sigi menanggung semua pembiayaan kesehatan yang dibutuhkan oleh warga kurang mampu baik dalam pengobatan maupun perawatan.

Pemkab Sigi juga memiliki Program Kartu Sigi Masagena yang diberikan kepada 11.420 kepala keluarga. Lewat kartu ini, masyarakat kurang mampu dapat mengakses pengobatan dan perawatan dalam layanan kesehatan.

Kemudian Pemerintah Kabupaten Sigi juga memberikan mobil ambulan kepada masyarakat untuk operasional layanan kesehatan. Sejak tahun 2016 - 2020 Pemkab Sigi telah memberikan 13 unit mobil ambulan dengan alokasi anggaran senilai Rp7,5 miliar. Dan pada tahun 2021 - 2022 terdapat penambahan empat unit kendaraan ambulan .

Pemkab Sigi juga menyerahkan bantuan 13 unit mobil jenazah kepada masyarakat sejak tahun 2016 - 20220 dengan anggaran senilai Rp3,1 miliar dan tahun 2021 - 2022 Pemkab Sigi menambah satu unit mobil jenazah.

Atas komitmen Pemkab Sigi dalam pemberian layanan kesehatan gratis, Pemerintah Pusat memberikan penghargaan UHC (universal health coverage) yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.

Baca juga: Pakar ilmu kesehatan minta vaksin COVID-19 tetap gratis saat endemi
Baca juga: Kemenkes: Masih ada empat juta dosis vaksin COVID-19 disediakan gratis
Baca juga: Puluhan dokter berbagai organisasi layani pengobatan gratis di Badui










 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023