Kami memperkirakan, sebagian besar wilayah Indonesia memasuki musim kemarau pada April dan Mei 2013...
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa musim kemarau pada tahun ini akan berlangsung lebih cepat sekitar sepuluh hari hingga satu bulan.

"Kami memperkirakan, sebagian besar wilayah Indonesia memasuki musim kemarau pada April dan Mei 2013 atau lebih awal dari prakiraan normal yang biasa terjadi pada bulan Juni. Hal itu terjadi akibat pemanasan global," kata Kepala BMKG Sri Woro, di Jakarta, Kamis.

"Prakiraan musim kemarau ini sangat dibutuhkan oleh Kementerian Pertanian agar ketahanan pangan tetap terjaga," tambah Sri Woro.

Sifat hujan selama musim kemarau, tambah dia, diperkirakan normal sehingga usaha pertanian tidak mengalami hambatan. Prakiraan musim kemarau ini akan segera disosialisasikan ke tingkat petani.

BMKG, kata dia, ikut meningkatkan pengetahuan dan teknologi pertanian, terutama terkait dengan perubahan cuaca dengan mengintensifkan pelaksanaan program Sekolah Lapang-Iklim bagi petani.

"Melalui sekolah ini diharapkan petani lebih dapat membaca perubahan musim terhadap musim bertanamnya," katanya.

Selain itu, tambah dia, BMKG akan mempercepat penyampaian informasi dan prediksi cuaca kepada petani serta pelatihan kepada petani guna memahami informasi cuaca terkait dengan masa dan pola tanam.

(W004)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013