Washington (ANTARA) - Presiden Joe Biden menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak terlibat dalam pemberontakan, yang dibatalkan, kelompok tentara bayaran Wagner di Rusia, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan serangan Wagner adalah bagian dari perjuangan dalam sistem Rusia, antara paramiliter dan pemerintah Rusia.

"(Presiden Rusia) Vladimir Putin tidak punya alasan untuk menyalahkan kejadian ini pada Barat atau pada NATO," kata Biden dalam sebuah acara di Gedung Putih, Senin (26/6).

Ia mengatakan AS dan negara-negara Barat akan terus menilai dampak pemberontakan Wagner dan implikasinya bagi Rusia, serta bagi Ukraina.

"Hasil dari semua ini masih harus dilihat. Tetapi apa pun yang terjadi selanjutnya, saya akan terus memastikan bahwa sekutu dan mitra kami selaras dalam cara kami membaca dan menanggapi situasi," ujar Biden.

"Penting bagi kami untuk tetap terkoordinasi sepenuhnya," katanya, menambahkan.

Sabtu pekan lalu (24/6), kelompok Wagner menuduh Kementerian Pertahanan Rusia menyerang laskar-laskarnya.

Tuduhan itu disusul dengan pernyataan pendiri Wagner, Yevgeny Prigozhin tentang suatu gerakan keadilan dengan melintasi perbatasan Ukraina ke Kota Rostov-on-Don di Rusia.
 
Prigozhin mengatakan anggota-anggotanya akan bergerak ke Moskow. Pergerakan pasukan Prigozhin itu mendorong pemerintah Rusia memperketat keamanan di seantero negeri.

Prigozhin kemudian mengatakan bahwa tentaranya ketika sudah berada 200 kilometer dari Moskow memutuskan untuk berbalik guna menghindarkan pertumpahan darah.

 
Sumber: Anadolu

Baca juga: Prighozin: Wagner tak berencana gulingkan pemerintah Rusia

Baca juga: Pemimpin Wagner dilaporkan telah meninggalkan Rusia


 

Pakar militer AS: pemberontakan Wagner menunjukan kerapuhan Putin

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023