Istanbul, Turki (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan dalam pernyataannya, Selasa, bahwa Israel akan kehilangan dukungan internasional jika terus melanjutkan agresinya di Gaza.

“Israel mendapat dukungan luar biasa dari sebagian besar negara. Jika mereka terus melakukan hal ini dengan pemerintahan yang sangat konservatif yang mereka miliki, dan (Menteri Keamanan Nasional Itamar) Ben-Gvir dan lainnya, mereka akan kehilangan dukungan dari seluruh dunia, dan itu bukan pada kepentingan Israel,” kata Biden dalam wawancara langsung di NBC seperti dilansir Anadolu.

Biden juga menegaskan bahwa bulan suci Ramadhan akan memberikan peluang untuk gencatan senjata sementara.

“Sudah ada kesepakatan dari pihak Israel bahwa mereka juga tidak akan melakukan aktivitas selama Ramadhan, untuk memberi kami waktu untuk mengeluarkan semua sandera,” kata dia.

“Hal ini memberi kita waktu untuk mulai bergerak ke arah yang telah dipersiapkan oleh banyak negara Arab,” ujar Biden menambahkan.

Lebih lanjut ia menggarisbawahi bahwa Arab Saudi siap mengakui Israel jika pertempuran berhenti.

“Intinya adalah satu-satunya cara Israel akan bertahan pada akhirnya – dan saya telah dikritik karena mengatakan bahwa Anda tidak harus menjadi seorang Yahudi untuk menjadi seorang Zionis. Saya seorang Zionis – tetapi ada satu hal: mereka juga perlu memanfaatkan ajakan perdamaian dan keamanan bagi Israel serta Palestina, yang dimanfaatkan oleh Hamas,” kata Biden.

Baca juga: Putin tidak akan temui Hamas, Fatah selama kunjungan ke Moskow
Baca juga: PBB soroti kelaparan yang melanda Gaza

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024