Kita tidak bisa mendikte dunia, tapi kita harus melibatkan diri pada dunia.
Washington (ANTARA News) - Veteran perang Vietnam, Chuck Hagel, yang diambil sumpah menjadi Menteri Pertahanan Amerika Serikat sesudah pertarungan sengit Senat, berjanji membarui persekutuan lama AS dan membuat yang baru tanpa berusaha "mendikte" dunia.

Saat berpidato kepada karyawan Pentagon setelah upacara pelantikan yang tertutup media, Rabu, Hagel berbicara secara yakin tentang tantangan dunia ke depan dan kepentingan kepemimpinan Amerika Serikat di luar negeri.

"Kita tidak bisa mendikte dunia, tapi kita harus melibatkan diri pada dunia. Kita harus memimpin sekutu kita," kata Hagel dalam pidato tanpa teks.

"Tidak ada bangsa sehebat Amerika dapat melakukan semua itu sendiri," katanya.

Hagel, mantan senator dua kali dari Partai Republik Nebraska, keluar dari partainya dalam pemerintahan George W Bush dan menjadi pengecam sengit perang Irak.

Banyak anggota partai Republik penentang Hagel mencemoohnya atas Irak dan menanyakan apakah cukup mendukung Israel, cukup keras terhadap Iran atau yang betul-betul bertekad mempertahankan penangkal kuat nuklir.

Hagel akhirnya terpilih sebagai Menteri Pertahanan setelah hasil pemungutan suara 58-41 di Senat, Selasa malam waktu setempat.

Di antara tugas pertamanya, Hagel akan mulai menimbang keputusan penting tentang perang Afghanistan, terutama ukuran dan lingkup kekuatan Amerika Serikat. Presiden Barack Obama berencana menarik pasukan pada 2014.

(B002)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013