Dari 14 atlet itu, kita memang masih ikutsertakan pemain senior seperti Tonton, Fatahillah dan lainnya,"
Jakarta (ANTARA News) - Atlet Pelatnas balap sepeda SEA Games 2013 Myanmar akan mengikuti kejuaraan balap sepeda Asia ke-33 di New Delhi, India pada 5 hingga 17 Maret mendatang.

Pelatih kepala tim nasional balap sepeda Wahyudi Hidayat di Jakarta, Kamis, mengatakan sebanyak 14 atlet pelatnas disiapkan untuk unjuk prestasi di kejuaraan itu, dengan andalan beberapa para pemain senior.

Dia menyebutkan beberapa pemain senior yang ikut berangkat ke India diantaranya peraih emas SEA Games 2011 Tonton Susanto, dan peraih emas PON 2012 Fatahillah Abdullah

"Dari 14 atlet itu, kita memang masih ikutsertakan pemain senior seperti Tonton, Fatahillah dan lainnya," ujar Wahyudi.

Wahyudi belum mencanangkan target khusus pada kejuaraan yang juga diikuti pesaing-pesaing utama pada SEA Games 2013 seperti Malaysia. Namun, dia mengisyaratkan kejuaraan itu selain menjadi ajang pemanasan, juga merupakan kesempatan untuk meneropong kekuatan pesaing SEA Games 2013.

"Ajang itu masih jadi kejuaraan `try out` dan ingin lihat-lihat saja kekuatan pesaing nanti," tukasnya.

Kejuaraan di India ini memang dicanangkan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) sebagai kompetisi uji tanding bagi atlet pelatnas SEA Games 2013 Myanmar. Selain di India, kejuaraan Asia untuk beberapa disiplin lain seperti BMX dan MTB akan diselenggarakan sepanjang 2013 di beberapa negara seperti Singapura dan China.

Pada SEA Games 2013 nanti yang menjadi fokus tim nasional, Wahyudi menargetkan setidaknya mendapat enam emas dari 13 nomor yang dipertandingkan.

Dia optimistis sekitar 40 atlet inti nanti dapat meraih target itu, meskipun kini, pelatnas masih terganjal masalah dana yang menghambat kebutuhan operasional atlet.

Pada SEA Games 2011, timnas balap sepeda berhasil meraih gelar juara umum dengan 12 medali emas, delapan perak, dam delapan perunggu dengan atlet andalan seperti Tonton Susanto, Chandra Rafsanjani, Elga Kharisma Novanda, Purnomo, dan Uyun Muzizah.

(I029)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013