Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak para wisatawan datang mengunjungi berbagai destinasi wisata unggulan di kota setempat dalam momen libur Lebaran Idul Adha 2023.

"Padang memiliki berbagai destinasi wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi saat momen libur Lebaran baik itu bersama keluarga ataupun sahabat," kata Kepala Dinas Pariwisata Padang Yudi Indra Syani di Padang, Selasa.

Ia memaparkan berbagai destinasi adalah pantai-pantai yang terhampar indah di bagian pesisir Padang di antaranya Pantai Padang, Cimpago, Ujuang Batu, Pasir Jambak, kawasan Bungus, Pantai Air Manis yang terkenal dengan legenda Malin Kundang, dan lainnya.

Selain pantai juga terdapat destinasi wisata lain berupa panorama yang menyajikan keindahan alam seperti di kawasan terpadu Gunung Padang. Pada kawasan setempat juga terdapat makam Siti Nurbaya yang terkenal.

"Selain pemandangan alam, Padang juga memiliki tempat-tempat nan eksotik seperti kawasan kota tua, jembatan Siti Nurbaya, intinya banyak pilihan untuk dikunjungi," katanya.

Pemkot Padang juga menyiapkan tim di kawasan Pantai untuk melakukan pengamanan dan penyelamatan ke pengunjung saat libur Lebaran nanti.

Sejalan dengan promosi pariwisata tersebut, pemerintah kota setempat mengimbau kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga saat momen libur Lebaran.

"Jangan rusak citra pariwisata kita dengan tindakan negatif seperti menaikkan harga di atas kewajaran, himbauan ini sudah disampaikan Wali Kota Padang saat kunjungan pekan lalu," jelasnya.

Para pedagang diminta untuk membuat menu serta mencantumkan harga langsung agar pembeli tahu berapa biaya yang akan dikeluarkan ketika belanja.

Ia berharap masyarakat sama-sama memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung supaya mereka senang dan mau datang lagi ke Padang untuk berwisata.

"Ketika kunjungan meningkat maka akan berdampak pada kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat, sebab roda ekonomi masyarakat terus bergerak," jelasnya 


Baca juga: Pemkot Padang proyeksikan Teluk Buo menjadi destinasi bahari unggulan


Baca juga: Survei UI: Sumbar miliki lima destinasi wisata favorit

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023