Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen dilaporkan telah mengajukan tawaran senilai 60 juta poundsterling plus tambahan untuk memboyong penyerang Tottenhan Hotspur Harry Kane.

Kontrak Kane hanya tersisa satu tahun lagi bersama Tottenham. Namanya dikaitkan dengan sejumlah klub Eropa lainnya, termasuk Manchester United dan kini Bayern masuk dalam daftar klub yang menginginkan jasanya.

Bayern saat ini fokus untuk mendatangkan seorang penyerang musim panas ini dan Kane adalah salah satu target prioritas mereka untuk posisi tersebut.

The Athletic melaporkan bahwa raksasa Jerman itu siap memberikan tawaran sebesar 86 juta poundsterling untuk (sekitar Rp1,64 triliun) untuk membawa Kane ke Allianz Arena.

Selain Manchester United, Kane juga dikaitkan dengan rival sekotanya Manchester City dua tahun lalu. Namun, chairman Tottenham Daniel Levy menolak tawarannya Manchester City sebelum mereka akhirnya mengontrak Erling Haaland sebagai gantinya musim panas lalu.

Baca juga: Barcelona resmi umumkan transfer Ilkay Gundogan

Sementara itu, Real Madrid juga dilaporkan tertarik pada Kane karena mereka mengisi posisi yang ditinggalkan Karim Benzema menyusul kepindahan striker Prancis itu ke klub Arab Saudi, Al-Ittihad.

Levy dilaporkan tidak berminat untuk menjual sang pemain ke klub Liga Premier Inggris lainnya. Kini tawaran besar datang dari klub luar Inggris, tetapi Levy diperkirakan tidak akan melepas pemain berusia 29 tahun itu di bawah 100 juta poundsterling (sekitar Rp1,90 triliun).

Rumor Kane dengan MU mulai mereda dalam beberapa pekan terakhir dengan Setan Merah saat ini mengejar pemain di posisi lain karena faktor keuangan, di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung terkait proses penjualan klub oleh pebisnis asal Qatar.

Sementara itu, Bayern masih mencari sosok pengganti Robert Lewandowski yang bergabung ke Barcelona musim panas lalu.

Meski menjuarai Bundesliga musim ini, pencetak gol terbanyak Bayern di liga musim lalu adalah Serge Gnarby dengan 16 gol dan disusul Eric Choupo-Moting dengan 14 gol. Jamal Musiala dan Leroy Sane masing-masing mencetak 12 gol.

Lewandowski sendiri total mencetak 35 gol dalam 34 pertandingan di Bundesliga di musim terakhirnya untuk Bayern, dengan total 50 gol dari 46 laga di semua kompetisi musim 2021/22.

Baca juga: Chelsea rampungkan transfer Nicolas Jackson dari Villarreal

Tottenham berada dalam posisi rentan mengenai Kane, mengingat kontraknya hanya tersisa satu tahun dan mereka terancam kehilangan dia secara gratis.

Kane sendiri dinilai menunda pembicaraan tentang perpanjangan kontrak tahun lalu karena dia ingin berusaha untuk fokus membantu klub lolos ke Liga Champions.

Namun, mereka dipastikan tidak akan berkompetisi di Liga Champions musim 2023/24 karena finis urutan delapan di Liga Premier Inggris.

Meski performa timnya terpuruk, Kane menjalani musim yang luar biasa saat dia mencetak 30 gol di Liga Premier Inggris musim 2022/23 dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Tottenham. Dia menyalip catatan Jimmy Greaves dengan mencetak 280 gol untuk klub hanya dalam 435 pertandingan.

Dia juga melampaui Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak timnas Inggris sepanjang masa dengan 58 gol dalam 84 laga.

Dianggap sebagai salah satu striker terbaik saat ini, Kane masih belum memenangi trofi di level domestik dan internasional yang akhirnya menimbulkan rumor kepergiannya dari Tottenham demi mencari gelar.

Baca juga: Brighton resmi datangkan James Milner dari Liverpool

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023