Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Inggris Brighton & Hove Albion resmi mendatangkan mantan pemain Liverpool James Milner dengan tanpa biaya transfer dan dikontrak sampai 2024 dengan opsi perpanjangan satu tahun, demikian laman resmi tim pada Rabu.

Milner akan menjadi rekrutan kedua The Seagulls setelah sebelumnya mereka telah mendatangkan Joao Pedro dari klub Championship Watford.

“Kami dengan senang hati mengonfirmasi bahwa James Milner akan bergabung dengan klub ini dengan kontrak satu tahun dengan opsi satu tahun saat kontraknya di Liverpool berakhir pada 30 Juni,” tulis pengumuman resmi klub dari media sosial.

Di usia yang sudah tidak muda yaitu 37 tahun, Milner datang ke Brighton setelah ia memenangi Liga Inggris (2019/2020), Liga Champions (2018/2019), Piala Super Eropa (2019), Piala Dunia Antar Klub (2019), Piala FA (2021/2022), Piala Liga (2021/2022), dan Community Shield (2022) selama delapan musim memperkuat The Reds.

Sejak mengawali karier bersama Leeds United pada 2002/2003, Milner kini menjadi pemain ketiga dengan jumlah penampilan terbanyak di Liga Inggris sepanjang sejarah yaitu dalam 619 pertandingan.

Torehan pemain kelahiran 4 Januari 1986 itu hanya kalah dari Ryan Giggs dengan 632 penampilan dan Gareth Barry dengan 652 penampilan.

Pada level tim nasional, pemain serba bisa itu memiliki 61 penampilan bersama timnas Inggris dan telah tampil pada dua kali Piala Dunia (2010, 2014) dan dua kali Euro (2012, 2016).

Baca juga: Jota inginkan Liverpool kembali ke jalur juara musim depan

Direktur Teknik Brighton David Weir mengatakan pengalaman yang dimiliki Milner akan sangat membantu tim khususnya pada kompetisi Eropa karena baru tampil pertama kali dalam sejarah klub.

“Pengalamannya berbicara sendiri dengan jumlah permainan yang telah dia mainkan dan trofi yang telah dia menangi sepanjang kariernya,” ucap Weir.

"Pertandingan ini termasuk kompetisi Eropa, yang akan sangat berharga bagi kami saat kami memulai musim pertama kami di Eropa. Kami menantikan untuk bekerja dengan James ketika para pemain kembali untuk pramusim,” lanjutnya.

Sementara itu, pelatih Brighton Roberto De Zerbi juga sangat menyambut baik kedatangan Milner.

Menurutnya, pemain yang pernah memperkuat Leeds, Newcastle United, Aston Villa, Manchester City, dan Liverpool tersebut merupakan pemain yang bisa membantu meningkatkan level timnya.

“Saya sangat senang menyambut James ke Brighton. Dia tambahan yang bagus untuk kami dan saya yakin dia akan membantu membawa kami ke level yang lebih tinggi,” kata pelatih yang membawa klub yang bermarkas di American Express Community Stadium itu finis pada posisi keenam Liga Inggris 2022/2023 dengan 62 poin tersebut.

Baca juga: Klopp sangat senang Liverpool bisa dapatkan Mac Allister

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023