Jakarta (ANTARA) - Rekrutan baru Brighton & Hove Albion James Milner ingin membantu tim barunya berlaga pada Liga Europa untuk pertama kalinya dengan memanfaatkan pengalamannya sewaktu bermain pada kompetisi Eropa.

“Sangat menyenangkan bagi saya dan bermain di Eropa adalah sesuatu yang saya rasa dapat membantu grup, saya cukup beruntung telah bermain di Liga Champions dan Liga Europa berkali-kali, saya ingin menambahkan nilai itu,” ucap Milner, dilansir dari laman resmi klub, Minggu.

Delapan musim bersama Liverpool, Milner tampil 332 kali di semua ajang dan 68 di antaranya berlaga di kompetisi Eropa, Liga Champions, dan Liga Europa.

Pada Liga Europa, pesepak bola 37 tahun itu meraih prestasi terbaik menjadi finalis pada musim 2015/2016. Sementara di Liga Champions, pemain serba bisa itu menjadi finalis dua kali pada 2017/2018 dan 2021/2022 serta juara satu kali 2018/2019.

Pengalaman berkompetisi di Eropa Milner juga dimiliki ketika membela Manchester City di mana pria yang mengawali karier di Leeds United itu tampil 27 kali.

“Saya ingin berusaha sekuat tenaga untuk membantu tim di dalam dan di luar lapangan,” ucap Milner.

Baca juga: Lallana sebut Milner dapat berikan dampak besar pada Brighton

Milner kemudian membeberkan tantangan yang dihadapi mantan tim yang pernah ia bela ketika berkompetisi di Eropa.

“Ini sangat berbeda, Anda memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan setiap pertandingan, Anda pulang larut malam dari pertandingan di Eropa,” ucap pemain kelahiran 4 Januari 1986 itu.

“Anda memiliki periode selama musim di mana Anda tidak benar-benar berlatih, Anda baru saja pulih. Anda harus siap untuk pergi dan ini adalah upaya skuad yang nyata, jadi semua orang harus siap untuk itu,” tambahnya.

Lebih lanjut, Milner menilai pencapaian The Seagulls di bawah asuhan Roberto De Zerbi pada musim lalu yang finis pada posisi enam Liga Inggris 2022/2023 dan menjadi finalis FA Cup 2022/2023 adalah pencapaian yang luar biasa.

“Sungguh luar biasa bagi klub untuk bermain di Eropa. Ini benar-benar layak mengingat seberapa baik tim telah bermain,” lanjut Milner.

Sedangkan untuk mengarungi musim depan, tim yang bermarkas di Stadion American Express Community itu selain mendatangkan Milner juga mendatangkan Joao Pedro dari Watford dan Mahmoud Dahoud dari Borussia Dortmund.

Baca juga: Brighton resmi datangkan James Milner dari Liverpool
Baca juga: Liverpool dipastikan akan lepas empat pemain senior akhir musim ini


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023