Zurich (ANTARA News) - Kosta Rika kehilangan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 putri tahun depan karena keterlambatan pembangunan stadion, melengkapi minggu menyedihkan untuk persepakbolaan di negara Amerika Tengah itu.

Keputusan, yang diumumkan oleh badan sepak bola FIFA, datang kurang dari 48 jam setelah Kosta Rika tersingkir dari Piala Dunia U-20 di Turki menyusul kekalahan 2-1 oleh tim papan bawah Kuba.

"Karena sejumlah keadaan tidak terduga menyebabkan konstruksi berat stadion ditunda, FIFA, dalam kesepakatan dengan Federasi Sepakbola Kosta Rika, sudah tidak mempunyai pilihan selain merelokasi tuan rumah Piala Dunia putri under-17 FIFA tahun depan," kata FIFA dalam sebuah pernyataan.

"FIFA ingin mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Sepakbola Kosta Rika atas upaya dan komitmennya."

FIFA mengatakan akan mengkaji tuan rumah potensial untuk turnamen itu sesegera mungkin dan keputusan tentang tempat baru akan dibuat dalam pertemuan komite eksekutif berikutnya pada 21 Maret mendatang.

Kosta Rika rencananya menggunakan lima stadion untuk turnamen yang sudah diselenggarakan tiga kali itu, terakhir di Azerbaijan tahun lalu.

Kemajuan telah terhambat oleh kesalahpahaman antara pemerintah Kosta Rika dengan panitia penyelenggara lokal.

Penyelenggara mengatakan mereka belum menerima dana yang telah dijanjikan oleh pemerintah. Sementara pemerintah mengatakan penyelenggara tidak mengikuti prosedur yang benar untuk mendapatkan dana, demikian dilaporkan Reuters.  

(*)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013