GPM ini merupakan respons cepat kita bersama stakeholder dalam menyikapi fluktuasi harga daging ayam menjelang Idul Adha.....
Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama pemerintah daerah melakukan operasi pasar bertajuk Gerakan Pangan Murah (GPM) Daging Ayam Ras dengan harga  Rp35 ribu-Rp36 ribu per kilogram di lebih dari 3.800 lokasi se-Indonesia dalam rangka menjaga stabilitas harga menjelang Idul Adha.

"GPM ini merupakan respons cepat kita bersama stakeholder dalam menyikapi fluktuasi harga daging ayam menjelang Idul Adha dan juga upaya untuk tetap menjaga stabilitas harga setelah Idul Adha,” kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi seusai melakukan peninjauan GPM di Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mendag sebut harga daging ayam di Lampung mulai stabil

Penyediaan ayam ras harga wajar tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasokan yang memang biasanya mengalami peningkatan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional.

“Dalam pelaksanaannya, sekitar 3.866 titik pasar murah daging ayam digelar melalui dukungan CPI dengan mengoptimalkan jaringan Prima Freshmart, Kios Unggas, dan Yamiku yang tersebar di seluruh Indonesia,” ucapnya.

GPM tersebut akan berlangsung mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2023. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, pelaksanaan GPM didukung oleh Dharma Jaya dan JCI di 11 titik lokasi, yaitu Rusun Marunda, Rusun Jatinegara Barat, Rusun Rawabebek, Rusun Daan Mogot, Rusun Pengadegan, Rusun Karang Anyar, Kelurahan Pondok Kelapa Jakarta Timur, Kelurahan Angke Jakarta Barat, Kelurahan Kebun Sirih Jakarta Pusat, Kelurahan Tanjung Priok Jakarta Utara dan Kelurahan Manggarai Jakarta Selatan

“Untuk kesebelas titik lokasi tersebut, jumlah volume yang dijual ke konsumen per titik lokasi di kisaran 1-2 ton per hari dengan harga Rp 35.000-Rp 36.000 per kg. GPM daging ayam ini melayani masyarakat dengan jam operasional mulai pukul 09.00-13.00 WIB dan pukul 14.00-17.00 WIB,” jelas Arief.

Baca juga: Perumda Dharma Jaya gelar operasi pasar daging ayam selama lima hari

Ia kembali menyampaikan, kenaikan harga daging ayam masih dalam batas yang wajar. Menurutnya, informasi mengenai harga daging ayam di wilayah DKI Jakarta yang mencapai Rp50 ribu per kg itu khusus untuk daging ayam fillet, bukan daging ayam karkas.

“Ayam karkas dengan bobot sekitar 1,3-1,4 kg harganya Rp43 ribu-Rp44 ribu. Jadi kalau di-convert harganya kurang lebih masih sekitar Rp36 ribu per kg dan itu masih harga wajar,” jelasnya.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023