Sehingga harus mengaktifkan pasar-pasar murah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya.
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto menyerukan agar mengaktifkan pasar murah Ramadhan untuk menekan kenaikan harga sembako di pasaran.

"Kenaikan harga sembako di pasaran ini menjadi salah satu pemicu inflasi, sehingga harus mengaktifkan pasar-pasar murah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya," kata Ramdhan yang akrab disapa Dhany, di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin.

Menurut dia, pihaknya bersama Penjabat Gubernur Sulsel setiap hari mendorong kegiatan Gerakan Pangan Murah, agar kebutuhan masyarakat kalangan menengah ke bawah dapat terpenuhi.

Salah satu komoditas yang menjadi perhatian khusus adalah beras. Karena itu, Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel bekerja sama dengan Bulog setempat untuk memperlancar pendistribusian beras subsidi melalui penyaluran beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Berkat kegiatan tersebut, kata dia lagi, inflasi di Kota Makassar jauh lebih rendah dari inflasi Provinsi Sulsel dan nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui Januari 2024 inflasi Kota Makassar year to year (yoy) sebesar 2,11 persen atau di bawah Sulsel yakni 2,38 persen, dan nasional 2,57 persen.
Baca juga: Dinas Perdagangan Makassar gelar pasar murah
Baca juga: Mendag sebut harga pangan di Makassar stabil
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024