Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengikuti empat arahan dari Presiden Joko Widodo saat dirinya mendampingi Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bertemu langsung di Istana Merdeka.

"Ada empat hal yang menjadi arahan dari presiden dan salah satunya yakni rencana pembangunan Makassar dan daerah sekitarnya atau kita sebut Kawasan Mamminasata," ujarnya di Makassar, Rabu.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan Kawasan Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar) sudah menjadi rencana jangka panjang sejak beberapa tahun terakhir.

Adapun tiga hal lainnya yang dibahas dengan presiden yakni rencana pembangunan stadion di Kota Makassar oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Pj Gubernur Sulsel paparkan rencana pembangunan di depan Jokowi

Baca juga: Pemprov Sulsel surati Kemenhub sebab tidak sanggup biayai Teman Bus


Kedua yaitu menindaklanjuti wacana pengalihan Pelabuhan Soekarno-Hatta menjadi City Center Makassar yang diusulkan oleh Presiden Jokowi saat meresmikan Pelabuhan Makassar New Port pekan lalu.

Terakhir yaitu membahas peran-peran Pelabuhan Makassar New Port dalam memperkuat Kawasan Zona Belikat untuk hilirisasi.

"Jadi pertemuan dengan presiden merupakan kelanjutan dari pengarahan Bapak Presiden pada saat kunjungan ke Makassar beberapa waktu lalu " kata Danny Pomanto.

Pada pertemuan itu, Pj Gubernur Sulsel membawa serta Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Maros Chaidir Syam, Penjabat Bupati Takalar Setiawan Asad dan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau.

"Awalnya konsep Kawasan Mamminasata itu hanya empat kabupaten, tapi kami tambahkan Pangkep karena Makassar dan sekitarnya ini terkoneksi dari sisi daratan dan koneksi juga dari sisi laut karena Makassar pinggir laut," kata Pj Bahtiar.

Bahtiar mengaku dimasukkannya Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) karena wilayah itu memiliki wilayah kelautan dan warisan UNESCO yakni Geo Park Maros-Pangkep.

"Nah, Pangkep ini wilayah kelautan dan memiliki Geo Park, namanya GeoPark Maros-Pangkep," ujarnya.

Dalam pertemuannya, Presiden Jokowi meminta masukan dan juga aspirasi Pj Gubernur mewakili Pemprov Sulsel dan pemerintah kabupaten/kota membangun Kawasan Mamminasata menjadi kota nyaman, sehat, dan ekosistemnya terbangun.

"Jadi ekosistem yang dibangun itu baik ekosistem ekonominya, ekosistem sosialnya, dan termasuk juga bisnisnya," ujarnya.

"Kita tahu Kota Makassar adalah pintu gerbang Indonesia Timur dan menjadi pusat perdagangan wilayah Timur dan penopang IKN nanti, karena bahan-bahan pangan ke IKN itu dari Makassar," ucap Pj Bahtiar.*

Baca juga: Pemprov Sulsel hentikan operasional Teman Bus di dua koridor

Baca juga: Pembangunan SPAM Mamminasata segera dimulai untuk 40.000 KK

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024