Jumbara ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi pembinaan kepada sekitar puluhan anggota Palang Merah Remaja dalam Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Tingkat Nasional IX pada  2-10 Juli 2023 di Taman Agro Wisata Way Handak, Jalan Lintas Sumatera, Tj. Senang, Kedaton, Kabupaten Lampung.

"Kegiatan Jumbara ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali dan pada kesempatan ini merupakan Jumbara kesembilan," kata Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI Provinsi DKI Jakarta Syarifuddin saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Syarifuddin menjelaskan kegiatan Jumbara merupakan satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan sebagai sarana untuk evaluasi dan pembinaan anggota Palang Merah Remaja (PMR) sebagai agen pendidik remaja sebaya.

Pelatihan yang diberikan kepada seluruh peserta sudah dilakukan sebanyak enam kali di dalam kelas, kemudian pemusatan latihan lapangan juga sudah dilaksanakan dengan baik di Bumi Kepanduan Sentul, Jawa Barat pada 16-18 Juni 2023.

Sebanyak 4.200 peserta Jumbara PMR Tingkat Nasional Ke IX terdiri dari PMR tingkat Mula, PMR tingkat Madya dan PMR tingkat Wira se-Indonesia akan mengikuti agenda rutin lima tahunan ini.

Saat melepas kontingen PMI DKI Jakarta yang akan mengikuti kegiatan Jumbara, Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Haryadi, berpesan agar para remaja PMR selalu menjaga kesehatan selama pelaksanaan Jumbara, serta kompak dan terus mempertahankan prestasi.

"Prestasi yang sudah diperoleh selama ini agar terus dipertahankan, bahkan bila perlu ditingkatkan lagi demi tercapainya cita-cita untuk menjadikan remaja yang memiliki karakter kepemimpinan yang bersih, sehat, peduli, kreatif, bekerja sama, bersahabat dan ceria," kata Wahyu.

Ia juga mengapresiasi para orang tua yang sudah membimbing, memotivasi dan memberikan izin kepada anak-anaknya untuk dapat mengikuti kegiatan Jumbara.

Baca juga: Pj Gubernur DKI Jakarta akan lantik 10.000 PMR se-Jakarta Timur
Baca juga: PMI gandeng Beiersdorf gelar anak siaga di Jakarta

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023