penampilan kesenian dibalut dengan materi tujuh pokok PMR
Jakarta (ANTARA) - Peserta Palang Merah Indonesia Jakarta Selatan mempromosikan budaya setempat di Jumpa Bakti Gembira Palang Merah Remaja (Jumbara PMR) Nasional IX tahun 2023, pada 6 hingga 8 Juli 2023 di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

"Dalam ajang ini peserta kami akan mempromosikan budaya DKI Jakarta melalui penampilan kesenian dibalut dengan materi tujuh pokok PMR," kata Ketua PMI Jakarta Selatan Abdul Haris di Jakarta, Kamis.

Haris menjelaskan, nantinya kegiatan para peserta dibagi pada tiga yakni "Jumpa", "Bakti", dan "Gembira" untuk menunjukkan kebolehan mereka.

Kegiatan "Jumpa" meliputi kegiatan remaja tangguh, konferensi pemuda Internasional (International Youth Conference) hingga jurnalistik remaja sehingga para peserta saling berbagi pengetahuan dan keterampilan materi pokok PMR.

Selanjutnya, para peserta juga melaksanakan kegiatan "Bakti" meliputi bakti masyarakat seperti pelayanan kesehatan, pengecekan golongan darah, kolesterol dan sunatan masal bagi warga sekitar.

Bakti masyarakat berupa layanan kesehatan ini dilakukan di tiga desa, satu kelurahan, dan tiga sekolah di sekitar lokasi.

Kemudian, bakti lingkungan yakni penanaman pohon dan donasi rumah ibadah setempat yang turut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lampung Selatan, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

"Pada bidang "Gembira" peserta menunjukkan bakat seni monolog pada kegiatan Jumbara Got Talent dan nantinya akan dicari peserta terbaik," katanya.

PMI Jakarta Selatan mengirim utusan kontingen sebanyak 43 orang yakni 10 orang peserta, enam orang fasilitator dan guru, dan 27 orang tim pendukung.

Sebelumnya, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, membuka secara resmi ajang Jumpa Bakti Gembira Palang Merah Remaja (Jumbara PMR) Nasional IX tahun 2023, yang berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Selasa.

"Harapan saya dalam ajang Jumbara ini dapat mempererat tali silahturahmi serta membuat generasi muda dapat mengerti bagaimana perdamaian kemanusiaan dan kerukunan," kata Jusuf Kalla.

Ketua Umum PMI mengatakan, ajang Jumbara ini bertujuan untuk menjalin tali silahturahmi antarpeserta dan kontingen dari berbagai provinsi se-Indonesia dan 12 negara sahabat.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023