Kami menyiapkan sebanyak 600 kantong darah selama dua hari
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan sebanyak 600 kantong untuk kegiatan donor darah di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan demi menyambut HUT ke-496 DKI Jakarta.

"Kami menyiapkan sebanyak 600 kantong darah selama dua hari," kata Ketua PMI Jakarta Selatan Abdul Haris saat dihubungi, di Jakarta, Senin.

Haris menuturkan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa kepedulian untuk menolong sesama terutama dari kalangan aparatur sipil negara (ASN).

Adapun, lanjut dia, kegiatan sosial ini merupakan permintaan langsung dari Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin untuk bisa membantu pihak yang membutuhkan.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni Senin (19/6) sampai Selasa (20/6) pukul 08.00 - 11.00 WIB di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Selatan," katanya. 

Harapan Haris, dengan adanya kegiatan donor darah yang terus dilakukan bisa bermanfaat tak hanya bagi sang pendonor, namun juga bagi orang lain.

Terlebih menurut dia, untuk DKI Jakarta setiap hari membutuhkan sebanyak 1.000 sampai 1.400 kantong darah.

Sedangkan di Jakarta Selatan pihaknya biasa menerima rata-rata sebanyak 4.000 kantong darah setiap bulannya. Pada Mei 2023, PMI Jakarta Selatan mendapat 4.200 kantong darah.

Selain di Kantor Wali Kota, pihaknya juga rutin melakukan pengambilan kantong darah dari berbagai tempat di Jakarta Selatan mulai dari perkantoran, pusat perbelanjaan (mall), rumah sakit, hingga rumah ibadah.

Haris menambahkan di kantor PMI Jakarta Selatan juga membuka donor darah 24 jam setiap harinya serta tidak dipungut biaya alias gratis.

Maka dari itu, ia mengimbau bagi para warga yang ingin melakukan donor darah perlu menyiapkan diri seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi sayuran hijau dan minum air putih.

"Setelah donor darah disarankan untuk banyak minum air putih, menghindari aktivitas fisik berat dan memperbanyak konsumsi makanan kaya zat besi," katanya. 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023