Kami memberikan pelayanan gratis mulai dari pertolongan pertama, ambulans, serta pemeriksaan golongan darah dan gula darah
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Jakarta Selatan (PMI Jaksel) menyediakan posko kesehatan di enam  lokasi  meliputi pusat perbelanjaan hingga tempat wisata selama libur Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami memberikan pelayanan gratis mulai dari pertolongan pertama, ambulans, serta pemeriksaan golongan darah dan gula darah," kata Ketua PMI Jakarta Selatan Abdul Haris saat dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Haris menerangkan posko ini disediakan dalam waktu sepekan yakni mulai dari hari pertama lebaran Minggu (23/4) hingga Minggu (30/4) mendatang.

Adapun enam titik lokasi yang disediakan yakni empat pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan yakni Mall Gandaria City, Mall Kalibata City, Mall Kasablanka, dan Mall Pejaten Village.

Kemudian dua tempat wisata yakni Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan dan Taman Margasatwa Ragunan.

Terdata hingga Rabu ini, sebanyak 257 orang periksa golongan darah dan 286 periksa gula darah dari enam lokasi tersebut.

Adapun pada Selasa (25/4), pengunjung yang sakit dan mendapat pertolongan pertama di Taman Margasatwa Ragunan sebanyak 64 orang serta satu orang yang dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Kami harap dengan adanya posko kesehatan ini masyarakat lebih memperhatikan kesehatan seperti beristirahat jika lelah hingga minum obat sesuai kebutuhan," tuturnya.

Selain itu, PMI Kota Jakarta Selatan juga melakukan kegiatan layanan kesehatan dan layanan ambulans Posko Siaga Lebaran di Terminal Lebak Bulus mulai Minggu (16/4) hingga Senin (1/5).

Layanan yang disediakan yakni satu unit ambulans dan pengobatan ringan ini untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik maupun warga yang tengah menikmati libur Idul Fitri. Posko dioperasikan dari pukul 08.30 hingga 16.00 WIB.

"Layanan yang diberikan mulai pemeriksaan cek kesehatan, tensi darah, suhu tubuh, pemberian obat anti mabuk dan sebagainya secara gratis," terangnya.

Pelayanan kesehatan gratis ini tidak hanya dilakukan oleh PMI Kota Jakarta Selatan, namun juga PMI di seluruh daerah juga mendirikan posko kesehatan di terminal-terminal.
Baca juga: Pengelola Taman Margasatwa Ragunan imbau pengunjung tidak merokok
Baca juga: Ancol optimis jumlah pengunjung liburan Lebaran capai 600.000
Baca juga: 37 personel amankan Setu Babakan pada hari keempat Lebaran 2023

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023