Total 1.864 orang sudah mengunjungi posko kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak ribuan orang mengunjungi posko pelayanan kesehatan Palang Merah Indonesia Jakarta Selatan (PMI Jaksel) selama liburan atau sepekan setelah Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Total 1.864 orang sudah mengunjungi posko kesehatan di enam lokasi yang PMI Jakarta Selatan sediakan," kata Ketua PMI Jakarta Selatan Abdul Haris saat dihubungi, di Jakarta, Senin.

Haris merinci ribuan orang itu terdiri dari 818 orang memastikan golongan darah, 896 mengecek gula darah dan 149 dirujuk ke rumah sakit.

Keenam lokasi tersebut yakni empat pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan yakni Mall Gandaria City, Mall Kalibata City, Mall Kasablanka dan Mall Pejaten Village.

Kemudian, dua tempat wisata yakni Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan dan Taman Margasatwa Ragunan.

Baca juga: PMI Jaksel buka posko kesehatan gratis di Taman Margasatwa Ragunan

Posko ini diadakan selama sepekan yakni dari Minggu (23/4) hingga Minggu (30/4) mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

Menurut Haris, masyarakat kebanyakan antusias mendatangi posko PMI di pusat perbelanjaan lantaran selain berbelanja dan berkumpul bersama keluarga, bisa juga mengecek kesehatan pula.

"Paling banyak selama seminggu itu ada di Mall Gandaria City yaitu sebanyak 220 orang cek golongan darah dan 225 orang cek gula darah," tambahnya.

Selain mengecek golongan darah dan kadar gula darah, dia menambahkan mayoritas orang mengecek sakit mual, kelelahan hingga masuk angin.

"Banyak orang datang jauh ke tempat wisata seperti Taman Margasatwa Ragunan dengan berangkat pagi sehingga belum sempat sarapan," katanya. 

Baca juga: PMI Jaksel sediakan posko kesehatan di enam lokasi selama Lebaran

Maka dari itu, pihaknya mengingatkan para wisatawan luar yang akan berkunjung ke DKI Jakarta bisa menyiapkan tenaga dengan sarapan terlebih dahulu maupun memastikan kesehatannya agar liburan bisa aman dan lancar.

PMI Jakarta Selatan pun telah menyiagakan 30 petugas yang berjaga di enam lokasi posko pelayanan kesehatan dan satu ambulans di beberapa tempat.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023