Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Selatan berhasil mengumpulkan 49.178 kantong darah sepanjang 2023 melalui berbagai program kegiatan di wilayah Jakarta Selatan.

Ketua PMI Jakarta Selatan Abdul Haris mengatakan, pengumpulan donor darah tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membantu menyediakan pasokan darah yang aman dan cukup untuk kebutuhan medis.

"Donor darah kita dapatkan selain orang itu datang ke PMI, kita juga lakukan jemput bola dengan berkolaborasi dengan unsur terkait, seperti pemerintahan, pendidikan, pihak swasta dan lain sebagainya," kata Haris di Jakarta, Kamis.

Haris menerangkan, pada Januari 2023 berhasil terkumpul 3.087 kantong darah, Februari 3.950 kantong, Maret sebanyak 3.874 kantong, April sebanyak 2.370 kantong, Mei sebanyak 4.611 kantong, dan Juni sebanyak 4.363 kantong darah.

Kemudian Juli 4.345 kantong darah, Agustus sebanyak 4791 kantong, September sebanyak 3.854 kantong, Oktober sebanyak 4.022 kantong, dan November 4.050 kantong, serta pada Desember 3.399 kantong darah.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi, serta membantu dan bekerjasama dengan PMI Jakarta Selatan.

"Semoga ke depan program donor darah dapat terus ditingkatkan untuk, disamping baik untuk kesehatan, juga dapat membantu sesama kita yang membutuhkan darah dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh," ujar Haris.

Baca juga: ASN Pemerintah Aceh sumbang 42 ribu kantong darah melalui PMI

Baca juga: PMI evakuasi jasad perempuan terlindas KRD Pangrango di Sukabumi

Baca juga: BP2MI harap negara penempatan pekerja migran perluas sektor pekerjaan


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024