Kami membuka posko ini sejak Minggu (23/4)
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Jakarta Selatan (PMI Jaksel) membuka satu posko pelayanan kesehatan gratis di Taman Margasatwa Ragunan tepatnya dekat kantor pusat informasi selama Lebaran.

"Kami membuka posko ini sejak Minggu (23/4) atau hari kedua Lebaran dan kita akhiri pada Minggu (30/4)," kata Ketua PMI Jakarta Selatan Abdul Haris saat ditemui, di Jakarta, Sabtu.

Haris menuturkan kegiatan ini rutin tiap tahunnya dan dilakukan secara serentak di beberapa lokasi yang ada di Jakarta Selatan.

Adapun enam lokasi tersebut yakni empat pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan yakni Mall Gandaria City, Mall Kalibata City, Mall Kasablanka dan Mall Pejaten Village.

Kemudian, dua tempat wisata yakni Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan dan Taman Margasatwa Ragunan.

Baca juga: PMI Jaksel sediakan posko kesehatan di enam lokasi selama Lebaran

"Pelayanan kami mulai dari pertolongan pertama seperti kelelahan hingga kecelakaan kecil termasuk dirujuk ke rumah sakit terdekat," tambahnya.

Selain itu, pelayanan kesehatan gratis lainnya yakni pengecekan golongan darah, gula darah, hingga kolesterol bagi para pengunjung Taman Margasatwa Ragunan.

PMI Jakarta Selatan pun telah menyiapkan satu mobil ambulans, dua motor keliling dan 10 petugas yang berjaga di posko pelayanan kesehatan.

Menurut Haris, kebanyakan keluhan yakni berasal dari masyarakat dari luar DKI Jakarta lantaran harus menempuh jarak jauh sedari pagi hari sehingga tidak sempat sarapan lalu masuk angin hingga kelelahan menghadapi macet.

"Saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan layanan dari PMI yang gratis ini. Silahkan kami tunggu dari jam 10.00 WIB sampai 18.00 WIB," katanya.

Baca juga: PMI Jaksel ajak relawannya bagikan pengalaman melalui podcast

Terdata hingga Jumat (28/4), sebanyak 107 kunjungan dan tiga orang dirujuk ke rumah sakit lantaran mengeluhkan mual, riwayat penyakit ginjal hingga badan nyeri selama di Taman Margasatwa Ragunan.

Menurut data dari pihak Taman Margasatwa Ragunan hingga pukul 16.00 WIB tercatat sebanyak 82.956 orang berkunjung, 10.447 unit kendaraan roda dua, 4.479 unit kendaraan roda empat dan 48 unit bus.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023