Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan BUMN di bidang telekomunikasi digital memperkuat sinergi dengan dengan BUMN lainnya yaitu Perum Produksi Film Negara (PFN) untuk mendukung digitalisasi ekosistem film di Indonesia lebih optimal.

Sinergi dilakukan lewat pertemuan antara perusahaan pembiayaan film itu dan anak usaha Telkom PT Nuon Digital Indonesia yang bergerak di bidang konten hiburan digital untuk membahas kolaborasi pembuatan website Indonesia Film Facilitation (IFFa).

“Melalui kolaborasi pembuatan website ini nantinya akan menjadi solusi digital komprehensif bagi para profesional dan penggiat industri film," ujar Direktur Utama PT Nuon Digital Indonesia Aris Sudewo dalam siaran persnya, Rabu.

Sinergi tersebut diharapkan dapat mendukung perkembangan teknologi digital dunia perfilman sehingga dapat mendorong kemajuan industri film dan konten di Indonesia.

Dengan demikian dapat tercipta ekosistem yang penuh inovasi bagi para sineas dalam negeri dan mendukung mereka untuk terus berkarya.

Baca juga: Nuon Games rilis game horor "Cursed Mansion"

Direktur Utama PFN Dwi Heriyanto B mengatakan sinergi dengan Nuon dan PFN memang ditujukan untuk memperkuat infrastruktur digital dalam industri film Indonesia.

Situs website IFFa nantinya akan memberi dukungan bagi para sineas dalam penciptaan karyanya dengan lebih mudah.

"IFFa akan memberikan kemudahan kepada produser film untuk bisa dengan cepat mengakses ke lokasi-lokasi shooting yang diinginkan, termasuk dengan perizinan shooting serta menciptakan kolaborasi yang harmonis antara produser dan pemilik lokasi, serta memperluas kemitraan dengan pemangku kepentingan di sektor ini," ujar Dwi. 

Baca juga: PFN tengah buat situs daring guna fasilitasi perizinan lokasi syuting

Nuon lebih lanjut berharap dengan adanya sinergi baru bersama PFN, selain dapat meningkatkan infrastruktur digital bagi dunia perfilman dapat juga tercipta perluasan jangkauan konten dari Indonesia ke pasar global.

“Sinergi ini sejalan dengan komitmen PFN untuk mengembangkan ekosistem berkualitas demi kemajuan industri perfilman dan konten Indonesia, serta upaya Telkom mendukung terwujudnya ekosistem digital Indonesia, dan Nuon sebagai anak usaha Telkom berkomitmen untuk turut terlibat dalam tercapainya seluruh visi tersebut,” kata Aris Sudewo.

Baca juga: PFN hadirkan Immersive XR Studio pertama di Indonesia

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023