Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 20 helai kain batik, wayang golek, dan kerajinan tangan Indonesia menghiasi ruangan Vologda Regional Art Gallery pada pembukaan pameran “Two Countries: Loyalty to Traditions” di Kota Vologda, Rusia untuk memeriahkan HUT ke-876 kota itu.

Dalam siaran pers KBRI Moskow diterima ANTARA di Bandarlampung, Rabu, disebutkan batik Indonesia tersebut dipamerkan bersama-sama lukisan karya pelukis Rusia Darya Karacheva, Artur Mirzoyan, Alexander, Mark dan Olga Smirnov, selama 25 Juni hingga 16 Juli 2023.

Pameran “Two Countries: Loyalty to Traditions” yang pembukaannya bersamaan dengan HUT Ke-876 Kota Vologda, merupakan kolaborasi KBRI Moskow, Pemerintah Kota Vologda, Friendship Society with Indonesia, Russian Association for International Cooperation, Art Project Through the Eyes of an Artist, dan Museum Susloparov House.

Wakil Kepala Perwakilan RI di Moskow Berlian Helmy menyampaikan ucapan selamat HUT untuk Kota Vologda dan memberikan penjelasan tentang batik kepada para peserta kegiatan tersebut.

“Karena filosofinya yang mendalam dan keunikan cara pembuatannya, pada 2 Oktober 2009 UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya non-benda,” ungkap dia.

Baca juga: Seni budaya Jawa tampil di Tchaikovsky Conservatory Moskow

Wali Kota Vologda Sergey Voropanov menyambut positif keikutsertaan Indonesia dalam acara tersebut.

“Terima kasih KBRI Moskow atas kesediaan melaksanakan pameran batik di Vologda, ini menjadi hadiah ulang tahun yang indah untuk Kota Vologda” ujar

Ia berharap, pameran batik ini dapat menjadi pintu kerja sama antara Indonesia dan Vologda pada masa mendatang.

Pembukaan pameran batik juga dimeriahkan penampilan seni budaya Indonesia yang dibawakan dua penari Kirana Nusantara Dance dengan tarian “Mojang Priangan” dan tembang Jawa dengan alat musik Rebab oleh Tri Koyo dari Sanggar Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow. Selain itu, kelompok tari Rusia juga menyuguhkan dua nomor tarian Rusia yang dinamis.

Acara pembukaan dihadiri 60 orang, termasuk pejabat dan jajaran Pemerintah Kota dan Provinsi Vologda, Duta Besar Sri lanka untuk Rusia, perwakilan Pemerintah Belarus, media dan masyarakat Kota Vologda lainnya yang secara umum memberikan apresiasi tinggi atas pameran batik dan pergelaran budaya Indonesia.

Vologda adalah kota berpenduduk 318.000 jiwa dengan luas wilayah 116 kilometer persegi, berjarak 480 kilometer dari Kota Moskow. Vologda merupakan kota sejarah, budaya, dengan ekonomi yang ditopang industri pengolahan dan pembangkit listrik.

Baca juga: Mahasiswa Indonesia unjuk kebolehan pada ICD di Kota Kazan
Baca juga: KBRI Moskow peringati 73 tahun hubungan diplomatik, gelar malam budaya
Baca juga: KBRI Moskow hadirkan "Wonderful Indonesia: Bali and Beyond"

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023