Jakarta (ANTARA) - Arsenal akhirnya resmi mendatangkan penyerang Jerman Kai Havertz dari Chelsea dengan kontrak jangka panjang.

Media-media Inggris melaporkan bahwa Arsenal mengeluarkan 65 juta poundsterling (sekitar Rp1,23 triliun) dengan tambahan 5 juta poundsterling (sekitar Rp94 miliar).

"Sangat menyenangkan bagi saya untuk bergabung dengan klub luar biasa ini dan menjadi bagian dari keluarga Arsenal. Klub ini memiliki sejarah yang begitu besar, dan saya harap kami dapat mencapai banyak hal," kata pemain berusia 24 tahun di situs resmi klub.

"Targetnya sekarang adalah memenangkan trofi dan saya akan memberikan seluruh kemampuan saya untuk suporter dan semua orang di klub ini. Saya sudah tidak sabar bertemu dengan semua pemain dan staf ketika kita kembali untuk pra-musim."
 
Kai akan bergabung dengan rekan setim barunnya saat latihan pra-musim dimulai pada awal juli. Dia akan mengenakan nomor punggun 29 di klub barunya tersebut, seperti saat di Chelsea dan Bayer Leverkusen.

Havertz bergabung dengan Chelsea pada September 2020 dari klub Bundesliga Bayer Leverkusen, tempat dia memulai karier profesionalnya.

"Kai adalah pemain dengan kualitas terbaik. Dia penyerang serba bisa yang hebat dan merupakan pemain cerdas. Dia akan membawa tenaga ekstra yang sangat besar ke lini tengah kami dan variasi untuk permainan kami," kata pelatih Mikel Arteta.

Chelsea sendiri mendatangkan Havertz dengan 71 juta poundsterling pada 2020, yang membuatnya sebagai rekrutan termahal kedua Chelsea setelah penjaga gawang Kepa Arrizabalaga.

Havertz membuat hampir 140 penampilan untuk Chelsea di semua kompetisi dengan mencetak lebih dari 30 gol, dan membantu mereka memenangkan Liga Champions pada 2020-21, serta Piala Super UEFA dan Piala Dunia AntarKlub pada 2021.

"Havertz sekarang pindah, tetapi pergi dengan namanya terukir dalam hati para suporter Chelsea. Kami berterima kasih kepada Kai atas usahanya sepanjang waktunya di Stamford Bridge dan mendoakan yang terbaik untuknya," kata Chelsea dalam sebuah pernyataan.

Di level internasional, Havertz telah bermain hampir 40 kali untuk timnas Jerman setelah melakoni debutnya dalam laga persahabatan atas Peru, yang dimenangkan timnya 2-1 pada September 2018.

Dia termasuk dalam skuad Jerman untuk kompetisi Piala Eropa (Euro) 2020 dan Piala Dunia 2022, di mana dia mencetak dua gol dalam kemenangan 4-2 atas Kosta Rika sebelum Jerman tersingk
ir di babak penyisihan grup.


Baca juga: Arsenal dilaporkan berhasil gaet Kai Havertz dari Chelsea
Baca juga: Gabriel Jesus senang dengan musim pertamanya bersama Arsenal
Baca juga: Bukayo Saka perpanjang kontrak bersama Arsenal sampai 2027
​​​​​​​

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023