Bandung (ANTARA) - Ribuan warga dari berbagai daerah di wilayah Bandung Raya mengikuti Shalat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Kamis.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memprediksi warga yang ikut shalat di masjid itu jumlahnya setengah dari daya tampung sekitar 40 ribu orang, karena shalat digelar di halaman Masjid Al Jabbar.

Baca juga: Khatib Masjid Hasyim Asyari Jakarta ajak teladani Nabi Ibrahim

"Jamaah diperkirakan banyak lah ya, ribuan. Karena kapasitas Al Jabar hampir mendekati 40 ribu, kalau di luar setengahnya ya segitu," kata Ridwan Kamil usai melaksanakan Shalat Idul Adha.

Masyarakat sudah mendatangi Masjid Raya Al Jabbar sekitar pukul 06.00 WIB. Kemudian, shalat dimulai pada pukul 06.30 WIB setelah Ridwan Kamil memberikan sambutan.

Pada Hari Raya Idul Adha ini, Ridwan Kamil mengaku berkurban di dua titik, yakni di tempat dirinya berdomisili dan di Masjid Al Jabbar.

Di Masjid Al Jabbar dia berkurban seekor sapi limosin dan diserahkan kepada pihak Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage.

Ridwan Kamil mengucapkan selamat menjalani hari raya kepada umat Muslim, khususnya di Jawa Barat. Dia juga mengajak masyarakat untuk meneladani sifat Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang rela berkorban.

"Mudah-mudahan semangat pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail menyertai hikmah perjalanan hidup kita untuk selalu berkorban demi kemuliaan," kata dia.

Baca juga: Mahfud MD berkhotbah utamakan persaudaraan di tahun politik

Baca juga: Ma'ruf Amin shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023