Jakarta (ANTARA) - Panitia Idul Adha dan Kurban Masjid Agung Sunda Kelapa menyembelih 76 ekor hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1444 H/2023 Masehi.

"Jumlah hewan kurban di Masjid Agung Sunda Kelapa sudah terhimpun 76 ekor, terdiri atas 13 ekor sapi, 59 ekor kambing, dan empat ekor domba," kata Ketua Panitia Idul Adha dan Kurban Agung Ardy Priyambodo di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pengemasan Panitia Idul Adha dan Kurban Masjid Agung Sunda Kelapa Rahma mengatakan bahwa paket daging akan diberikan pada mereka yang mengajukan proposal.

Baca juga: Sapi milik Heru Budi Hartono disembelih pertama di JIC

"Kita bagikan pada mereka yang mengirim proposal (ke panitia), rekomendasi, masyarakat dan warga duafa," kata Rahma.

Rahma melanjutkan Masjid Agung Sunda Kelapa sudah lama tidak membagi kupon karena menghindari kerumunan massa dan akan menyalurkan paket daging melalui perwakilan yang datang ke masjid.

"Jadi, ada yang mengajukan. Jadi, misalkan warganya ada yang tidak mampu di RW dan RT, itu RT RW yang ajuin proposal. Jadi, perwakilan RT itu yang ambil," kata Rahma.

Rahma menyebutkan bahwa proposal yang diterima tidak hanya terbatas pada RT dan RW, tetapi juga menerima proposal dari organisasi atau lembaga.

"Ada juga proposal dari yayasan tunanetra," ujar Rahma.

Selain itu, Rahma mengatakan bahwa mereka juga berusaha untuk memberikan paket daging kepada kaum dhuafa yang datang langsung ke Masjid Agung Sunda Kelapa.

Rahma juga menyebutkan bahwa semua hewan kurban, terutama hewan kurban sumbangan sudah dipastikan sehat.

"Karena kalau di sini, kita ada dokter (yang periksa hewan kurban)," kata Rahma sambil menambahkan bahwa sebelumnya petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta juga sudah memeriksa hewan kurban.

Selain itu, Rahma juga mengatakan bahwa beberapa hewan kurban merupakan sumbangan dari beberapa orang penting, salah satunya dari Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin.

Baca juga: 2.000 napi ikuti shalat Idul Adha di Lapas Narkotika Jakarta 

Baca juga: Ketua MUI sebut Idul Adha momen teladani ketaatan dan pengorbanan

"Wapres kasih sapi bobot hampir 900 kilogram," ujar Rahma.

Rahma menambahkan selain Wapres Ma'ruf Amin, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, dan pelaksana jabatan Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, masing-masing juga menyumbang seekor sapi untuk dikurbankan.

Disebutkan juga bahwa Presiden kelima MRI Megawati Soekarniputri menyumbang seekor sapi untuk dikurbankan.
 

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023