Jakarta (ANTARA News) - Mungkin begitu yang ada di benak para penikmat reggae di ibukota, sang legenda akhirnya menyambangi Jakarta lewat Jakarta International Super MLD Java Jazz Festival 2013.

"I Can See Clearly", merupakan lagu milik Johnny Nash yang dinyanyikan ulang oleh Cliff pada tahun 1993.

45 tahun berkarya di dunia musik, baru kali ini Cliff datang ke Indonesia. Mengutip musisi reggae Ras Muhamad yang ditemui usai perhelatan, reggae di Indonesia memang jarang kedatangan musisi international, terutama yang sekaliber Cliff.

Mengenakan kaus hitam yang dipadu dengan kemeja dan ikat kepala merah menyala, Cliff langsung menghentak penonton Panggung BNI A3 dengan "You Can get It If You Really Want".

Penonton pun benar-benar mendapat apa yang mereka inginkan. Tak sekedar menyanyi, Cliff dari awal telah membangun suasana konser yang meriah.

Mengikuti irama ska yang dimainkan band-nya, Cliff berjingkrak-jingkrak di panggung meski usianya tak lagi belia.

Penampilan Cliff ini tentu segera saja diapresiasi para penonton yang umumnya tidak bisa menahan diri untuk tidak menggoyangkan badan mereka bersama sang idola.

Ia pun kerap menampilkan joget ala ska, mengangkat tangan dan kaki ke depan.

"Apa kabar? Ini namanya reggae tapi dulu kita sebut ska," kata Cliff menyapa para penonton.

Berhasil membangun mood penonton, Cliff pun melibatkan mereka untuk memeriahkan suasana konser Jumat (1/3) malam itu. Ia memberi komando agar penonton berteriak "hei" tiap dentuman drum.

"Woyaa..Woyaaa," teriakan itu seakan tidak pernah absen dari lagu-lagu yang ia nyanyikan malam itu.

Menceritakan keindahan negerinya, Jamaika yang dipenuhi sinar matahari, ia pun segera melantunkan "Save Our Planet Earth".

"You better stop cutting down the forest/ Stop you're under arrest/ Stop killing out animals/ Stop you're a criminal."

Tak hanya kepada Bumi, kepedulian Cliff tentang perdamaian pun dituangkan dalam "Afghanistan".Lagu itu berisi imbauan untuk menghentikan perang yang berlangsung di Afghanistan.

Ia juga tak lupa membawakan lagu lainnya seperti "Many Rivers to Cross", "Hakuna Matata", dan tentu "I Can See Clearly".

"Bongo Man" menjadi lagu yang dipilih Cliff untuk menyudahi konsernya. Bersama teman-teman band-nya, ia menabuh bongo. Penonton pun mengiringi Cliff dengan tepuk tangan mengikuti irama bongo.

Merasa belum puas dengan konser malam itu, penonton pun segera berteriak "we want more" begitu Jimmy Cliff meninggalkan panggung.

Ia pun kembali untuk membawakan hits-nya, "The Harder They Come".

Seolah-olah dapat membaca keinginan penonton, usai membawakan lagu yang dirilis pada tahun 1972 itu, ia pun langsung menyanyikan "One More".

"One more, one more, one more, one more/ I got one more song I must sing."

(nta)

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013