Karangasem (ANTARA) - Ratusan wisatawan mengunjungi objek wisata Bukit Asah dan Pantai Virgin di Kabupaten Karangasem, Bali saat libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah/ 2023 Masehi pada Kamis.

"Sekarang kan cuti idul adha, lonjakan pengunjung tentu ada dari kemarin. Dan hari ini terhitung lumayan ramai jika dibandingkan hari biasa, kalau diakumulasikan hari ini lonjakan pengunjung tidak terlalu tinggi, kira kira sebesar 25 persen," ujar staf penjaga loket tiket Wayan.

Wayan mengatakan pengunjung yang datang ke dua tempat ini didominasi oleh wisatawan domestik yang berasal dari Karangasem dan luar kota seperti Denpasar.

Pantauan Antara di lokasi tersebut, suasana di Bukit Asah dan Pantai Virgin kali ini memang cukup ramai namun terpantau masih lengang. Wisatawan yang berkunjung banyak menghabiskan waktu untuk piknik dan menikmati panorama pantai.

"Namun jika dibandingkan dengan hari ini, lonjakan pengunjung lebih signifikan saat hari raya Umanis Galungan. Tapi kali ini karena libur lumayan panjang dari kemarin pengunjung ramai silih berganti berdatangan ke sini," tambah Wayan.

Nurnutila Effendy salah seorang wisatawan domestik asal Kota Denpasar mengungkapkan dirinya sengaja berkunjung ke Bukit Asah dan Pantai Virgin untuk mengisi hari libur panjang Idul Adha kali ini.

"Saya ke sini bersama keluarga sengaja untuk mengisi hari libur Idul Adha ini, dan Bukit Asah ini sudah lama menjadi tujuan saya untuk liburan. Sebenarnya maunya kemarin waktu cuti Lebaran tapi karena saya harus mudik jadinya saya tunda, dan akhirnya kesampaian sekarang, alasan saya kesini untuk piknik karena pemandangannya indah sekalian foto foto juga," ujar perempuan yang akrab disapa Lita tersebut.

Menurut Lita yang membuat lokasi ini menarik adalah dua objek wisata yang menjadi satu, ibaratnya wisatawan hanya perlu membayar satu tiket saja tetapi sudah bisa mengunjungi dua tempat. Selain itu panorama pantai dari atas bukit dan banyaknya spot foto menarik menjadi tujuan banyak orang untuk berkunjung ke tempat ini.

Arya Guna, warga asal Kabupaten Karangasem juga turut mengisi waktu liburnya di tempat ini.

"Saya sudah beberapa kali ke sini, dan memang hari ini terlihat cukup ramai dibandingkan hari hari biasa mungkin karena suasana cuti juga. Tapi saya lihat saat ini kondisinya masih lumayan lenggang, mungkin karena terbagi jadi dua objek wisata di sisi lain Bukit Asah serta Pantai Virgin ini juga cukup luas jadi pengunjung menyebar di beberapa spot sehingga tidak terkesan ramai dan berjubel," ujar Arya.
 
Sejumlah wisatawan berkunjung ke objek wisata Pantai Virgin di Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis (29/6/2023). ANTARA/Ni Komang Desiantari/wsj.

Pewarta: Ni Komang Desiantari / Widodo S Jusuf
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023